Home / Headline / Tim SADAR Merasa Aneh, Belum 19 Pebruari, Kenapa Ada Paslon Yang Sudah Kehilangan Data?

Tim SADAR Merasa Aneh, Belum 19 Pebruari, Kenapa Ada Paslon Yang Sudah Kehilangan Data?

Jufri Achmad, Sekretaris Tim Pemenangan "Sadar". (dok Ist)
Jufri Achmad, Sekretaris Tim Pemenangan “Sadar”. (dok Ist)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Jufri Achmad, Sekretaris Tim Pemenangan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati “Sadar” atau Samaun Dahlan-Clifford Ndandarmana, merasakan keanehan, karena salah satu pasangan calon bupati dan calon wakil bupati “Utayoh” atau Untung Tamsil-Yohana Dina Hindom, mengklaim kehilangan 7.570 data dukungan yang telah di-input kedalam Silon atau Sistem Informasi Pencalonan KPU.

“Sesuai PKPU 16 tahun 2019 tentang Tahapan Program dan Jadwal, dijelaskan bahwa, tanggal 19 sampai 23 Pebruari 2020, KPU baru membuka penerimaan daftar dukungan dari paslon independen. Tetapi ini belum tanggal 19, kenapa sudah ada paslon yang sudah mennginput data dukungan di Silon KPU. Ini aneh,” ujar Jufri Achmad.

Selanjutnya Jufri menjelaskan, setelah KPU menerima daftar dukungan, barulah KPU melakukan verifikasi, dan dilanjutkan input data.

Jufri kuatir, KPU menganakemaskan salah satu paslon, sebab tidak ada rujukan yang bisa digunakan.

“Kami dari tim “Sadar” merasa keberatan dengan masalah ini. Kami merasa ada keanehan. Dan narasi yang dibangun di medsos, seakan-akan kami main mata. Tetapi sebenarnya, siapa yang main mata?” tanya Jufri.

Bahkan, Jufri merasa kuatir, ada oknum dalam yang memperkeruh suasana. Entah, oknum siapa yang dimaksudnya. Namun, Jufri berharap masalah ini mendapat penjelasan segera.

Sebelumnya, tim pemenangan pasangan Utayoh, pada Sabtu (15/02) siang, mendatangi Kantor KPU Fakfak, untuk meminta penjelasan, terkait hilangnya 7.570 data dukungan yang telah diinput kedalam Silon KPU. Dari 7.572 data yang telah diinput saat itu, hanya tersisa 2 data dukungan saja.

Dalam penjelasan KPU kemarin, disampaikan bahwa, hilangnya data tersebut disebabkan adanya pemeliharaan atau maintenance aplikasi Silon oleh KPU RI, dan itu tidak mempengaruhi data, sebab masih ada data dalam Silon yang offline, yang tidak hilang dan masih dapat diinput kembali. (Wahyu Hidayat)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

SK Bupati Turun, Untung Tamsil Resmi Mundur Dari ASN

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Untung Tamsil, S.Sos., M.Si., resmi dinyatakan mundur sebagai Aparat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *