Home / Headline / Salut! Meski Mendikbud Melarang Nonton, 2 Sekolah Ini Gelar Nobar G30S/PKI

Salut! Meski Mendikbud Melarang Nonton, 2 Sekolah Ini Gelar Nobar G30S/PKI

Ratusan orang nonton bareng film G30S/PKI bersama Kodim 1706/Fakfak di lapangan Basket
Ratusan orang nonton bareng film G30S/PKI bersama Kodim 1706/Fakfak di Lapangan Basket

Fakfak_ Meski Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir ffendy,  mengeluarkan larangan murid SD dan SMP yang berusia dibawah 14 tahun untuk menonton film dokumenter G30S/PKI, antusiasme puluhan murid SD dan SMP Islam Terpadu As Salaam dan Madrasah Ibtidaiyah Asy Syafi’iyah Fakfak, mematahkan larangan tersebut.

Puluhan murid Madrasah Ibtidaiyah Asy Syafi’iyah Fakfak kelas 5 dan 6, kemarin malam (30/9), justru serius nonton bareng atau nobar film dokumenter tersebut, di halaman sekolahnya. Dengan didampingi belasan gurunya, mereka mulai nobar usai sholat isya.

Suasana lebih ramai terjadi di SD dan SMP Islam Terpadu As Salaam, Fakfak. Puluhan siswa kelas 6 SD dan kelas 8 serta 9 SMP, dengan tertib menyaksikan film yang sempat menghilang dari layar tonton di Indonesia tersebut.

Program mabit atau bermalam di sekolah, membuat para siswa lebih rileks menyaksikan film sejarah perjuangan bangsanya tersebut. Nobar film G30S/PKI dipandang banyak pihak, sebagai sarana efektif untuk memperkenalkan sejarah kelam Bangsa Indonesia, yang dikhianati PKI.

Ahmad Fatagar, salah seorang guru SD IT As Salaam Fakfak menyampaikan bahwa, nobar film G30S/PKI dimaksudkan agar para siswa mengerti sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

“Yang terpenting adalah, dengan nonton bareng ini kita tanamkan wawasan kebangsaan untuk menjaga kedaulatan NKRI, mengingatkan kembali bahwa bangsa ini memiliki sejarah kelam yang harus diketahui. Dimana dulu PKI membunuh para ulama dan bermaksud mengganti ideologi Pancasila dan komunis,” ujar Ahmad Fatagar.

Sementara itu, Kodim 1706/Fakfak, juga menggelar nobar di Lapangan Basket, Fakfak. Ratusan orang mulai berdatangan sejak pukul 19.00 WIT ke lapangan indoor ini. Nampak hadir, Komandan Kodim 1706/Fakfak, Letkol Inf. Catur Adi Siwoyo, S.IP. dan Kapolres Fakfak, AKBP Gazali Ahmad, SH. MH.

Zakaria yang datang bersama teman wanitanya, mengaku senang dengan kegiatan nobar film G30S/PKI ini. Menurutnya, generasi muda memang harus melihat film dokumenter ini.

“Saya setuju dengan penayangan kembali film ini. Agar kami yang muda-muda ini mengerti sejarah bangsa. Saya lihat, masyarakat Fakfak antusias dengan nobar ini. Semakin malam semakin banyak yang datang. Sayangnya, kursinya kurang sehingga kaki pegal juga. Maklum, film ini berdurasi 3 jam lebih,” ujar Zakaria.

Wartawan yang hadir di Lapangan Baskes sedikit kesulitan mengadakan kegiatan nobar ini, lantaran lampu lapangan dimatikan petugas. Dalam keadaan gelap pekat, kamera wartawan tak mampu membuat gambar dengan baik. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Survei Tempatkan TNI Sebagai Institusi Paling Solid dan Terpercaya

Fakfak_ Di HUT TNI ke 72 tahun 2017 yang diperingati pada 5 Oktober kemarin, angka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *