Home / Headline / Kodim 1706 Fakfak Akan Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI

Kodim 1706 Fakfak Akan Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI

Film G30S/PKI akan tayang kembali
Film G30S/PKI akan tayang kembali

Fakfak_ Kodim 1706/Fakfak akan menggelar nonton bareng atau nobar film G30S/PKI. Rencananya, nobar ini akan digelar pada 30 September malam mendatang, di Lapangan Basket Indoor, Fakfak. Demikian disampaikan Komandan Kodim 1706/Fakfak, Letkol Inf. Catur Adi Siswoyo, S.IP. kepada wartawan, Senin (18/9) siang di Makodim Fakfak.

“Rencananya memang seperti itu. Nonton bareng akan kami gelar di Lapangan Basket Indoor, agar mampu menampung banyak orang, utamanya pelajar dan mahasiswa. Nobar ini merupakan upaya pelurusan sejarah, dan dimaksudkan agar generasi muda mengetahui sejarah tentang PKI dengan benar,” ujar Dandim asal Malang, Jawa Timur ini.

Menurut Dandim, agar masyarakat tak jenuh saat nobar nanti, pihaknya akan menyiapkan hiburan sebelum nobar dilaksanakan.

“Film ini berdurasi panjang, sehingga kami akan menyiapkan kegiatan lain yang bernuansa menghibur, agar penonton tidak jenuh,” Kata Dandim.

Dikutip dari m.detik.com, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa, acara nonton bareng film G30S/PKI itu memang perintahnya.

“Iya, itu memang perintah saya, mau apa? Yang bisa melarang saya hanya pemerintah,” kata Jenderal Gatot saat ditemui seusai ziarah di Makam Bung Karno (MBK), Bendogerit, Blitar, Senin (18/9/2017).

Gatot menyatakan, Mendagri sudah mengizinkan dia memerintahkan seluruh anggotanya menonton film garapan era Orde Baru tersebut. Saat ditanya mengenai materi film itu masih menjadi polemik, Gatot mengatakan menonton film tersebut merupakan upaya meluruskan sejarah.

Biarin aja, saya nggak mau berpolemik. Ini juga upaya meluruskan sejarah. Saya hanya ingin menunjukkan fakta yang terjadi saat itu. Karena anak-anak saya, prajurit saya, masih banyak yang tidak tahu,” jelasnya.

Menurut Gatot, bahkan Presiden Sukarno sendiri pernah memberi pesan untuk tidak melupakan sejarah. “Sejarah itu jangan mendiskreditkan. Ini hanya mengingatkan pada anak bangsa, jangan sampai peristiwa itu terulang. Karena menyakitkan bagi semua pihak. Dan korbannya sangat banyak sekali,” ucapnya.

Rencana TNI menggelar acara nonton bareng film G30S/PKI di Fakfak, mendapat tanggapan positif. Wacana ini bahkan mendapat porsi bahasan di dunia maya.

Fakfak Mouslim Community, salah satu grup whatsapp yang digawangi Aslan Bukhori Mahubesi, beberapa kali membahas rencana nobar ini. Bahkan H. Jabarudin Lamahundu dengan antusias ingin menggelar nobar di lokasi Pasar Ikan, Wagom.

Nampaknya, melihat perkembangan terakhir, dimana Panglima TNI mendukung acara nobar film G30S/PKI, masyarakat “yang selama ini merindukan” film ini, akan mendapat tempat nyaman tanpa was was. Bagaimana menurut anda? (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Jeff S Winata Bantah Lakukan Gratifikasi

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Tudingan dugaan gratifikasi Aliansi Masyarakat Pemerhati Kebijakan Publik (AMPKP), ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *