Home / Headline / Solusi Cepat Mobil Damkar Masih Belum Pasti

Solusi Cepat Mobil Damkar Masih Belum Pasti

Sekda Fakfak, Husein Thofer
Sekda Fakfak, Husein Thofer

Fakfak_ Dampak kerusakan mobil pemadam kebakaran atau damkar Bandara Torea, Fakfak, agaknya masih cukup lama. Rencana pinjam mobil damkar dari Bandara Kaimana dan Sorong, mengalami jalan buntu, lantaran kedua bandara tersebut juga hanya menyisakan satu mobil damkar yang siap operasi.

Sementara itu, maskapai penerbangan Wings Air, seperti dikutip dari pembicaraan Sekda Fakfak, Husein Thofer dengan manager agen tiket wings, Mike, via telepon, dipastikan wings air tidak akan melayani penerbangan dari dan menuju Bandara Torea. “Moratorium” ini berlaku hingga pihak penyelenggara Bandara Torea, menyediakan mobil damkar yang siap beroperasi normal.

Sedangkan maskapai penerbangan Express Air, nampaknya akan mengambil langkah ambil untung dengan peristiwa ini, dan akan tetap beroperasi, meski dibawah bayang-bayang minimnya jaminan keselamatan penerbangan.

Sekretaris Kabupaten Fakfak, Drs. Husein Thofer, M.Si. yang mendampingi kunjungan Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Fakfak ke Bandara Torea kemarin (26/6) siang, menyatakan kekecewaannya. Menurutnya, seharusnya masalah ini menjadi perhatian serius dan segera dibenahi. Sebab, kerusakan mobil damkar ini telah berlangsung sejak Tahun 2013 lalu.

“Silih bergantinya kepala bandara selama ini, apa saja yang diperbuat. Kenapa tidak melaporkan masalah ini. Istilahnya, kepala bandara berani pasang badan. Kalau terjadi sesuatu, kebakaran pesawat itu sepat cekali. Kalau sudah kejadian seperti ini, bagaimana?” ujar Husen Thofer.

Menurut Husen Thofer, jika kebuntuan transportasi udara ini berlangsung lama, maka masyarakat dan daerah akan merugi.

Dalam kunjungan anggota parlemen ini, salah seorang anggota dewan sempat melarang wartawan untuk memberitakan hal ini. Namun, Husein Thofer justru berpendapat lain, dan memberikan penjelasan kepada wartawan.

“Hal ini agar menjadi perhatian pemerintah pusat. Maka harus diberitakan secara luas,” kata Husein Thofer.

Sebenarnya, Bandara Torea masih memiliki 1 unit mobil damkar, ditambah bantuan 1 mobil damkar milik Pemkab Fakfak. Namun, kapasitas mobil damkar ini kecil dan dibawah standart untuk pemadaman kebakaran pesawat sekelas ATR. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Setelah Tutup 19 Hari, Bandara Torea Kembali Normal

Fakfak_ Kedatangan pesawat wings air pagi tadi (29/1), menjadi pertanda Bandara Torea Fakfak, Papua Barat, ...

One comment

  1. Wogh fakfak egh macam baru di mekarkan sja smpe masalah keslamatn penerbangan bisa di abaikan ni bandara darurat ka apa egh?….hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *