Home / Fakfak News / Ekonomi / Koneksi Kabel Bawah Laut Masih Terkendala Galian Tanah

Koneksi Kabel Bawah Laut Masih Terkendala Galian Tanah

Tim ahli sedang menyambung kabel fiber optik
Tim ahli sedang menyambung kabel fiber optik

 

Fakfak_ Kabel fiber optic bawah laut yang telah tersambung dari Banda pada 29 Desember 2014 lalu, sebenarnya direncanakan bisa langsung dilakukan uji coba sambungannya. Namun, rencana ini terkendala galian tanah dari daerah sungai ke Kantor Telkom di Puncak, yang hingga kini belum selesai.

 

“Sebenarnya, kabel laut saat itu direncanakan langsung uji coba. Tapi karena galian tanah untuk jalur kabel fiber optic belum selesai, maka rencana uji coba ditangguhkan,” ujar Abu Nanat, supervisor pada Telkom Fakfak.

 

Menurut Abu, galian kabel tersebut terhambat kondisi tanah yang berbatu. Sedangkan pemakaian alat berat, seperti eksavator tidak diijinkan, karena dikuatirkan merusak aspal jalan.

 

Kekuatiran Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Fakfak tersebut cukup beralasan. Sebab, pada galian tanah sepanjang sekitar 4 km dari lokasi koneksi kabel laut di Kelurahan Danaweria hingga tebing seberang, nampak jelas aspal jalan ikut terbongkar. Dan hingga kini, aspal yang rusak tersebut belum diperbaiki kembali.

 

Disinggung perkiraan kabel dapat ‘on’ di Fakfak, Abu memperkirakan pertengahan tahun sudah bisa dinikmati.

 

“Saya rasa tidak terlalu lama. Kemungkinan pertengahan tahun, komunikasi via kabel laut sudah bisa dinikmati. Karena melalui kabel, maka tentu saja komunikasi lebih baik, lebih cepat,” sambung Abu. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Hari Ini Batas Waktu TV Kabel Menumpang Di Tiang Telkom

Fakfak_ Per 1 September ini, jaringan kabel milik pengusaha TV kabel yang selama ini “jadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *