Home / Info Kampung / Papua Muda Inspiratif dan Pemda Fakfak Siapkan 400 Ha untuk Pertanian dan Peternakan

Papua Muda Inspiratif dan Pemda Fakfak Siapkan 400 Ha untuk Pertanian dan Peternakan

Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom bersama Abdul Wahab Iha dan Assisten II Arobi Hindom, saat sesi wawancara di lokasi ternak sapi SP 1. (Foto Jojie)

 

Reporter : Jojie Muskita Matitaputty
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_ Mendukung percepatan pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat, Papua Muda Inspiratif atau PMI, mendorong  komoditi jagung dan ternak sapi di Distrik Bomberay dan Distrik Tomage.

Abdul Wahab Iha selaku Koordinator Papua Muda Inspiratif Kabupaten Fakfak mengatakan, hal ini juga sebagai wujud mensukseskan program ketahanan pangan nasional. Hal tersebut dikatakannya pada Selasa, 18 Oktober 2022 di Distrik Bomberay, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

PMI bersama Pemerintah Kabupaten Fakfak, berkomitmen penuh dalam menjadikan Fakfak sebagai penunjang lumbung pangan nasional.

Dalam kesempatan berkunjung di Distrik Bomberay dan Tomage, Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom mengatakan, “Fengan memanfaatkan sumber daya lahan yang ada, maka rencana peternakan sapi dan penanaman jagung  juga untuk pakan ternak ini, akan menjadi potensi pendapatan bagi daerah Kabupaten Fakfak terlebih khusus bagi masyarakat, sehingga hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,”

Menurut Yohana, direncanakan ada 1000an ekor sapi yang akan di investasikan oleh investor. Ia berharap, dengan adanya peternakan sapi maka akan memenuhi kebutuhan daging di wilayah Fakfak, maupun di luar Fakfak.

Terkait penyerapan tenaga kerja dari peternakan dan dan pertanian jagung, diperkirakan menyerap 250 tenaga kerja. Tntunya hal itu akan membuka ruang bagi masyarakat yang ada di wilayah Fakfak untuk mendapatkan pekerjaan.

Diharapakan proses penandatangan kerja sama akan dilaksanakan pada bulan  November 2022.
<
Sementara itu  Abdul Wahab Iha sebagai Koordinator PMI Kabupaten Fakfak menjelaskan, fengan memanfaatkan lahan-lahan tidur dan lahan marginal di Distrik Bomberay dan Distrik Tomage Kabupaten  Fakfak,  Papua Muda Inspiratif Kabupaten Fakfak, berinisiatif untuk mengubah dengan mengelolanya menjadi lahan yang produktif, dengan menggandeng mitra PMI, yakni PT. Nuansa Lestari Sejahtera.

Abdul menyampaikan,  PMI Kabupaten Fakfak juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Fakfak, atas dukungan sehingga ada sinergitas antara PMI Kabupaten Fakfak, pihak investor dan masyarakat adat setempat.

Selain dihadiri wakil bupati Fakfak kegiatan kunjungan ini juga dihadiri oleh Asisten II Setda Fakfak, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Satu Pintu Kabupaten Fakfak, Plt. Kepala DPUPR2KP Kabupaten Fakfak, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Fakfak, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekda Kabupaten Fakfak, Kepala Disperindag Kabupaten Fakfak , perwakilan Bank BRI dan Bank Papua.

Adapun yang menjadi lokasinya,  area SP-6 terfapat kurang lebih 200 ha untuk lahan jagung dan SP-1 Kurang lebih 200 ha untuk lahan ternak sapi.***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Masih Tinggi, Dinas P3AP2KB Sediakan Rumah Aman

  Reporter : Jojie Muskita Matitaputty Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Kasus kekerasan terhadap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *