Home / Headline / 88 Pasangan Nikah Masal di Kayuni dan Kampung Gewerpe Fakfak

88 Pasangan Nikah Masal di Kayuni dan Kampung Gewerpe Fakfak

Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, S.E., M.M..didampingi Kepala Dukcapil Provinsi Papua Barat Dr. Ria Maria Come, M.Ling. dan Kepala Finas Dukcapil Kabupaten Fakfak Samad Hindom, S.Sos. M.Si. (Foto ayu)

 

Reporter : Sri Maryati, Kartini Ali
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_ Sebanyak 34 pasangan di Distrik Kayuni dan 54 pasangan di Kampung Gewerpe Distrik Fakfak, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, melangsungkan Nikah Catatan Sipil Massal Tahun 2022 yang dilaksanakan pada Senin, 17 Oktober 2022.

Pernikahan massal di dua lokasi ini dihadiri Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom dan Kepala Dinas Administrasi Kependudukan, Pencacatan Sipil Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat, Dr. Ria Maria Come, M.Ling. serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Fakfak, Samad Hindom, S.Sos., M.Si.
Wakil bupati Fakfak Yohana Dina Hindom mengucapkan selamat kepada para pasangan yang sudah nikah Catatan Sipil tersebut. Yohana juga menuerahkan Akta Nikah, kartu keluarga, akta kelahiran serta Kartu Identitas Anak atau KIA sebagai kelengkapan administrasi kependudukan dari pasangan yang nikah catatan sipil tersebut.

“Saya bersyukur dapat mengikuti acara yg sangat sakral ini, yakni pelaksanaan Nikah Catatan Sipil Massal, dan Isbat nikah massal. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan dari Dinas Administrasi Kependudukan, Pencacatan Sipil Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat.  Namun kegiatan tersebut dilakukan di Kabupaten Fakfak, maka sudah sepatutnya Dinas Dukcapil Kabupaten Fakfak turut mendukung agar pelaksanaan tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan kita semua, tentunya merupakan kegiatan yang Sinergis,” ujar Wakil Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Administrasi Kependudukan, Pencacatan Sipil Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Barat, Dr. Ria Maria Come, M.Ling. mengatakan, “Hari ini pernikahan diberikan resmi dari Pemerintah dan terdata dalam kependudukan administrasi di Kabupaten Fakfak,”

Ria melanjutkan, pengendalian penduduk dan KB dan administrasi, ada dalam perlindungan hukum, dan dicatat dalam administrasi dukcapil, supaya tercatat dan terdaftar didalam pemerintahan tingkat kabupaten, provinsi sampai ke pemerintah pusat.

Menyinggung masalah KB, Ria menyampaikan, KB itu penting, bisa mengatur dalam data kehamilan. Bagi keluarga punya cukupan, punya anak dari umur 21 tahun dan berhenti batas umur 35 tahun, karena kalau lebih dari umur tersebut akan berisiko tinggi saat melahirkan. Juga, banyak anak akan menjadi gangguan, dan secara fisik bisa  mengakibatkan fatal.

Rencananya, nikah pencatatan sipil massal 2022 di Kabupaten Fakfak, akan dilangsungkan di 4 distrik.

Setelah dilangsungkan di Distrik Kayuni dan Distrik Fakfak, nikah pencatatan sipil massal 2022  ini akan dilangsungkan di Distrik Fakfak Timur dengan target 40 pasangan dan di distrik Teluk Patipi dengan target 20 pasangan. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Anies Dijadwalkan Hadiri Jambore AFKN,  Jaringan Anies Fakfak Konsolidasi

  Reporter : Kartini Ali Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Jaringan Anis atau Jarnis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *