Home / Headline / 6 Poin Deklarasi Dukungan Pembentukan DOB di Wilayah Adat Bomberay

6 Poin Deklarasi Dukungan Pembentukan DOB di Wilayah Adat Bomberay

Penyerahan aspurasi dukungan deklarasi pembentukan daerah otonomi baru dari Willy Hegemur, Sekretaris Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Fakfak Kepada Bupati Fakfak, Untung Tamsil. (Foto ist)

Peserta : Wahyu Hidayat
INFOFAKFSK.COM_ Willy Hegemur, Sekretaris Lembaga Masyarakat Adat atau LMA Kabupaten Fakfak yang didampingi tujuh raja dan tokoh masyarakat dari tujuh petuanan di Kabupaten Fakfak,  menyerahkan aspirasi dukungan pembentukan daerah otonomi baru, yakni pembentukan provinsi Bomberay Raya di wilayah adat Bomberay, Kota Madya (Kota, red) Fakfak dan Kabupaten Kokas, kepada Bupati Fakfak, Untung Tamsil.

Penandatanganan deklarasi dukungan yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Fakfak tersebut, berlangsung di Taman Satu Tungku Tiga Batu, Jalan Dr. Salasa Namudat, pada Senin , 27 Juni 2022.

Berikut enam poin sikap dukungan masyarakat adat di wilayah adat Bomberau di Kabupaten Fakfak, terhadap pembentukan DOB atau Daerah Otonomi Baru ;
1. Masyarakat adat Bomberay Kabupaten Fakfak, mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam melaksanakan otonomi khusus di tanah Papua, sesuai dengan undang-undang nomor 2 tahun 2021.
2. Masyarakat adat wilayah adat Bomberay di Kabupaten Fakfak, mendukung penuh pemekaran provinsi daerah otonomi daerah baru berdasarkan 7 wilayah adat di tanah Papua, khususnya wilayah adat Bomberay menjadi Provinsi Bomberay Raya, guna mempercepat pembangunan dan kesejahteraan orang asli Papua.
3. Masyarakat adat di wilayah adat Bomberay Kabupaten Fakfak, mendukung sepenuhnya upaya sosialisasi Bupati Fakfak, Bupati Kaimana, Bupati Teluk Bintuni dan Bupati Teluk Wondama dan masyarakat adat di wilayah Bomberay, dalam upaya pembentukan daerah otonomi baru sebagai provinsi pemerintah Papua
4. Masyarakat adat wilayah adat Bomberay di Kabupaten Fakfak, meminta kepada pemerintah pusat segera merealisasikan pembentukan Provinsi Bomberay Raya di wilayah adat Bomberay, atas dasar pertimbangan kesamaan sejarah, filosofi, ikatan emosional dan sosiologi, sebagai daerah otonomi baru Provinsi Bomberay Raya dalam satu kawasan wilayah adat Bomberay meliputi Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama, serta percepatan pemekaran Kabupaten Fakfak yang telah diusulkan menjadi menjadi daerah otonomi baru Kabupaten Kokas dan Kotamadya Fakfak.
5. Memperhatikan semangat perjuangan putra-putri asli wilayah adat Bomberay di Fakfak dalam memperjuangkan sejarah integrasi Irian Barat ke dalam wilayah NKRI yang erat kaitanya dengan sejarah perjuangan Indonesia, maka masyarakat di wilayah adat Bomberay meminta perhatian khusus dari pemerintah pusat agar segera membentuk daerah otonomi baru Provinsi Bomberay Raya menuju pada kesejahteraan masyarakat di wilayah adat Bomberay.
6. Bahwa masyarakat adat wilayah adat Bomberay di Kabupaten Fakfak meminta Bapak Presiden RI di Jakarta kiranya dapat berkenan menyetujui usulan daerah otonomi baru Provinsi Bomberay Raya, Kabupaten Kokas dan Kotamadya Fakfak, sebagai wilayah pemekaran baru untuk mempercepat pembangunan di wilayah adat Bomberay Tanah Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Deklarasi dukungan terhadap pembentukan DOB atau Daerah Otonomi Baru ini dihadiri ratusan masyarakat, Forkopimda serta tokoh masyarakat dari seluruh penjuru Kabupaten Fakfak. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Songsong HUT RI Ke-77 PENA Fakfak Bentangkan Merah Putih di Ketinggian 35 Meter

Reporter : Annisa Mirandra Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Menyongsong HUT Republik Indonesia ke-77,  Komunitas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *