Home / Fakfak News / Kesehatan / Program Nusantara Sehat Untuk Pemenuhan Nakes di DTPK

Program Nusantara Sehat Untuk Pemenuhan Nakes di DTPK

Saleh Hindom, S.K.M., M.P.H., Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak menyambut kedatangan tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat beberapa waktu lalu. ( Foto Ist)

Penulis : Sri Maryati
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM_ pemerintah melalui program Nusantara Sehat terus melakukan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan, utamanya bagi Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan atau DTPK.

Sehubungan dengan upaya tersebut, Pemerintah Kabupaten Fakfak dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, telah menerima penyaluran tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat tersebut.

Tahun 2022 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak menerima penyaluran dari program Nusantara Sehat Individu sebanyak tujuh orang, antara lain dua orang kesehatan lingkungan yang ditempatkan di Puskesmas Sekban dan Bomberai, dua orang tenaga gizi ditempatkan di Puskesmas Werba dan Kokas, dua orang apoteker ditempatkan di Puskesmas Kokas dan Kramongmongga, serta satu orang analis kesehatan ditempatkan di Puskesmas Bomberay.

Sementara dokter umum  kontrak daerah sebanyak enam belas orang, ditempatkan di Puskesmas Fakfak, Sekban, Kokas, Weri, Karas dan RSUD Fakfak. Selain itu, satu orang dokter gigi dari program kontrak daerah khusus, ditempatkan di Puskesmas Karas..

Sedangkan tahun 2021 lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, menerima tiga dokter dari program Nusantara Sehat Individu (NSI) dengan penempatan pada Puskesmas Degen, Kramongmongga dan Puskesmas Werba.

Dari program Nusantara Sehat tim atau NST,  menerima lima tenaga kesehatan dengan rincian satu orang dokter gigi, satu apoteker, satu bidan, satu promosi kesehatan dan satu orang analis kesehatan, yang ditempatkan di Puskesmas Distrik Karas.

Sementara dari kontrak daerah khusus, ada satu* orang dokter gigi yang ditempatkan di Puskesmas Karas

Saleh Hindom, S.K.M., M.P.H., Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak mengatakan, “Sumber Daya Manusia Kesehatan atau SDMK di DTPK belum memadai, terutama tenaga medis, tenaga bidan, tenaga gizi, tenaga promosi kesehatan,  tenaga analis dan tenaga sanitarian di tingkat Puskesmas,”

Saleh Hindom berharap, melalui program Nusantara Sehat tersebut, mampu memberikan pelayanan primer yang terjangkau dan berkualitas secara terintegrasi, terpadu dan berkesinambungan. “”

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Puskesmas Wartutin Mangkrak 2 tahun, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Kabupaten Fakfak

  Reporter: Sri Mariati Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *