Home / Headline / Polres Kaimana Tetapkan YR Tersangka Dugaan Kasus SARA

Polres Kaimana Tetapkan YR Tersangka Dugaan Kasus SARA

Kasat Reskrim Polres Kaimana, Iptu. Muhammad Al Parisi, S.T.K.,  S.I.K. (Foto Im)

INFOFAKFAK.COM,  KAIMANA_ Sat Reskrim Polres Kaimana, Papua Barat, setelah melakukan gelar perkara pada 8 September 2020 lalu, akhirnya menetapkan YR sebagai tersangka atas dugaan ujaran kebencian berujung SARA, serta pelanggaran UU ITE.

Mendampingi Kapolres Kaimana, Kasat Reskrim Polres Kaimana, Iptu. Muhammad Al Parisi, S.T.K.,  S.I.K. menjelaskan bahwa, status YR saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka.

“YR telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara, dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditunjukkan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan antar golongan (SARA), sebagaimana dimaksud dalam pasal 45 a  ayat 2 Jo pasal 28 ayat 2 undang-undang RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” jelas Muhammad Al Parisi.

Dalam suratnya yang ditujukan kepada Ketua MUI Kabupaten Kaimana,  Kasat Reskrim juga menjelaskan bahwa, pihaknya telah melakukan pemeriksaan saksi-saksi, pemeriksaan barang bukti di Laboratorium Forensik  Cyber Mabes Polri dan memeriksa saksi ahli.

“Barang bukti yang diperiksa di laboratorium adalah HP milik tersangka dan kami sedang menunggu hasilnya,” jelas Muhammad Al Parisi. “Dan kepada masyarakat, kami berharap agar tidak mudah menerima informasi yang belum tentu benar. Kami pasti akan melanjutkan perkara ini hingga ke pengadilan,” tegasnya.

Kini, YR yang dilaporkan berdasar laporan polisi nomor LP.B/152/VIII/2020/Papua Barat/Res Kaimana, SPKT III, tanggal 20 Agustus 2020 ini, telah ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Dianggap Cemarkan Nama Baik, Ketua DKR Fakfak Dilaporkan Polisi

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Rida Angriani, pemilik  sekaligus pimpinan Apotik Satria Medika yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *