Home / Headline / DMI Fakfak Himbau Tak Gelar Sholat Idul Fitri Bagi Daerah Zona Merah

DMI Fakfak Himbau Tak Gelar Sholat Idul Fitri Bagi Daerah Zona Merah

Surat himbauan PD DMI Kabupaten Fakfak, terkait pelaksanaan sholat Idul Fitri 1441 H

 

Reporter : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Dewan Masjid Indonesia atau DMI Kabupaten Fakfak, Papua Barat, dalam surat himbauannya nomor 09/PD-DMI/FF/V/2020 tanggal 21 Mei 2020, menghimbau agar umat Islam dan masjid yang berada di zona merah, untuk tidak menggelar sholat Idul Fitri 1441 H di masjid atau lapangan dan mengalihkannya di rumah masing- masing.

Ketua Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Fakfak, Rajab Barawasi, S.Ag. menjelaskan bahwa, untuk daerah yang penyebaran covid-19 terkendalai, dalam arti daerah tersebut tidak atau kecil kemungnkinan terdampak covid-19, maka bisa menyelenggarakan sholat idul fitri di tempat yang disepakati.

“Surat himbauan kami sejalan dengan surat edaran Bupati Fakfak dan kesepatakatan bersama Forkopimda Papua Barat. Untuk daerah atau zona merah, kami himbau agar menyelenggarakan sholat idul fitri di rumah masing-masing. Namun dalam satu kabupaten, tentu ada daerah yang masih aman, seperti kampung-kampung yang jauh dari zona merah, serta di pulau-pulau, maka penyelenggaraan sholat idul fitri kami serahkan kepada pengurus masjid setempat, yang tentu lebih mengetahui situasi setempat, namun tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” urai Rajab, Jumat, 22 Mei 2020.

Dalam teleconference beberapa hari sebelumnya, antara Ketua Pimpinan Wilayah DMI Papua Barat yang juga Wakil Gubernur Papua Barat bersama Pimpinan Daerah DMI kabupatan dan kota se Papua Barat, Ketua PW DMI Papua Barat meminta kepada pimpinan DMI kabupaten/kota, untuk mencermati situasi daerah masing-masing dan tetap waspada atas penyebaran covid-19.

Pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat, seperti menyediakan air dan sabun untuk mencuci tangan, jamaah menggunakan masker, jamaah membawa sajadah sendiri, tidak bersalaman antar jamaah, serta mempersingkat khotbah, merupakan hal yang wajib menjadi perhatian, sebagai langkah waspada penyebaran covid-19. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Tidak Mengenakan Masker Akan Disanksi Kerja Sosial Dan  Denda Uang

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Bila kedapatan tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *