Home / Headline / Menangi Sengketa, Paslon CEPAT Minta Pendukungnya Siap Diri Verifikasi Faktual

Menangi Sengketa, Paslon CEPAT Minta Pendukungnya Siap Diri Verifikasi Faktual

Suasana musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada 2020 saat pembacaan putusan
Suasana musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada 2020 saat pembacaan putusan (dok. IF)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Bakal calon Bupati Fakfak dari bapaslon CEPAT, Cyrillus Adopak, S.E., M.M. meminta seluruh pendukungnya untuk mempersiapkan diri saat proses verifikasi faktual nanti. Seruan ini disampaikan Cyirillus dalam video yang disampaikan ke infofakfak.com.

“Semua pendukung kami, harus mempersiapkan diri ketika dikunjungi pertugas verifikasi faktual, dan sama sama bekerja dalam persatuan untuk menyukseskan Pilkada 2020,” ujar Cyirillus.

Dalam video berdurasi 12 menit 40 detik ini, Cyrillus juga menegaskan bahwa, keputusan KPU yang menolak syarat dukungan yang diajukannya, hanyalah kesalahan teknis dan kekeliruan semata.

Sebelumnya, Majelis Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2020, yang dipimpin Ketua Majelis, Fachry Tukuwain, dengan anggota majelis, Abdul Z Tanggi Irirwanas dan Yanpit Kambu, mengabulkan sebagian permohonan termohon atau bapaslon  Cyrillus Adopak, S.E., M.M. dan Peggi Patrisia Pattipi, S.E., yang dibacakan pada Rabu, 11 Maret 2020 sore.

Dengan kemenangan kubu CEPAT ini, maka majelis musyawarah memerintahkan kepada KPU Kabupaten Fakfak untuk melakukan pengecekan jumlah syarat dukungan dan sebaran yang diserahkan pemohon dan menyediakan akses Silon yang prima kepada pemohon. Artinya, KPU Kabupaten Fakfak harus melanjutkan tahapan penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan atas bapaslon CEPAT.

kpu 2

Pengacara KPU Kabupaten Fakfak, Yunus Basari, S.H., usai musyawarah, kepada awak media menyampaikan bahwa, keputusan majelis merupakan keputusan terbaik dan jalan tengah.

“Ini merupakan keputusan terbaik, jalan tengah. Keputusan ini merupakan keputusan yang final dan mengikat, sehingga KPU Kabupaten Fakfak selaku termohon, wajib melaksanakan keputusan ini,” kata Yunus.

Sementara itu, Amirudin yang datang mewakili Cyrillus menyampaikan bahwa pihaknya sebenarnya telah menyiapkan berkas yang diperlukan, sehingga tinggal melengkapi saja.

“Kami tingggal melengkapi berkas dan segera kami serahkan kepada KPU,” ujar Amirudin, seraya menyampaikan bahwa pihaknya optimis bisa melenggang hingga verifikasi faktual dan tahapan berikutnya.

Dengan keputusan tersebut, berarti ada 4 bapaslon jalur perseorangan yang mengikuti tahapan selanjutnya di KPU Kabupaten Fakfak, yakni Untung Tamsil dan Yohana Dina Hindom atau pasangan UTAYOH, Donatus Nimbitkendik dan H. Mustaghfirin atau pasangan DOAMU, Abdur Rahim Fatamasya dan Jeferson Jimi Liunsanda atau pasangan RAJA dan terakhir, Cyrillus Adopak dan Peggi Patrisia Patiti atau pasangan CEPAT. (Wahyu Hidayat)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

SK Bupati Turun, Untung Tamsil Resmi Mundur Dari ASN

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Untung Tamsil, S.Sos., M.Si., resmi dinyatakan mundur sebagai Aparat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *