Home / Headline / Bawaslu Fakfak Gandeng Emak-Emak Awasi Pilkada 2020

Bawaslu Fakfak Gandeng Emak-Emak Awasi Pilkada 2020

Bawaslu Kabupaten Fakfak menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020
Bawaslu Kabupaten Fakfak menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Bawaslu Kabupaten Fakfak bersama Bawaslu Provinsi Papua Barat, pada Kamis, 27 Pebruari 2020, melakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, dengan menggandeng Komunitas Perempuan Mengawasi.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Fakfak ini, Bawaslu mengajak peran aktif masyarakat, untuk melakukan pengawasan Pilkada 2020, untuk menciptakan Pilkada yang jujur dan adil.

Ketua Bawaslu Kabupaten Fakfak yang diwakili Yanpit Kambu, S.Ap., dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk melibatkan partisipatif masyarakat.

Menutut Yanpit Kambuh, utuk mendorong partisipatif masyarakat, pihaknyamenerapkan tiga metode, yakni pojok pengawasan, Bawaslu masyarakat mengawasi dan media sosial.

“Pojok pengawasan yaitu ada beberapa referensi-referensi terkait pengawas pemilu yang berada di kantor Bawaslu tersebut, kemudian ada forum warga yang juga kami buat, sehingga forum warga ini yang pada hari ini kami melakukan sosialisasi,” ujar Yanpit Kambu. “Kami mengharapkan Pilkada Fakfak ini Pilkada yang bersih, jujur, dan adil. Jangan sampai Pilkada Fakfak ini tercederai dengan hal-hal yang dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” tambahnya.

 

Penandatanganan pakta integritas
Penandatanganan pakta integritas

Sedangkan Kordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu, Abdul Tanggi Irirwanas, S.Si. mengingatkan, dalam proses mengawasi, ketika terjadi hal-hal atau ada sebab-sebab akibat dari proses yang berjalan, maka Bawaslu dapat mengadili dan menindak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dalam tahapan pilkada tersebut.

“Dalam proses pengawasan berjalan, ketika terjadi hal-hal yang melanggar tahapan pemilu, maka Bawaslu diberi kewenangan untuk menindaklanjuti laporan atau pelanggaran-pelanggaran yang terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Bawaslu Papua Barat, Abraham Ramandey, S.H. menyebut bahwa masyarakat yang hadir dalam sosialisasi, adalah mata bagi Bawaslu. Keterbatasan personel Bawaslu, memerlukan peran aktif masyarakat, untuk turut berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada.

Dalam kegiatan tersebut, Komunitas Perempuan Mengawasi dan perwakilan masyarakat, menandatangani pakta integritas, yang disaksikan oleh Bawaslu Provinsi Papua Barat dan Bawaslu Kabuaten Fakfak.

Reporter: cw01     Editor: Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Samaun Dahlan Dukung Wacana “Lelang Jabatan” Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur

  Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ketua takmir Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, Papua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *