Home / Headline / Diwarnai Letusan Senjata, Polisi Amankan 4.110 Liter Miras Lokal Di Perairan Tubir Seram

Diwarnai Letusan Senjata, Polisi Amankan 4.110 Liter Miras Lokal Di Perairan Tubir Seram

Ribuan liter miras jenis sopi berhasil diamakan di perairan Tubir Seram, Fakfak (foto dok pol)
Ribuan liter miras jenis sopi berhasil diamakan di perairan Tubir Seram, Fakfak (foto dok pol)

INFOFAKFAK.COM, Fakfak_ Tim darat dan laut Satuan Reserse Narkoba dan Satuan Polisi Perairan Polres Fakfak, Papua Barat, Selasa (7/1/2020) sekira pukul 21:00 WIT, berhasil mengamankan 1 longboat yang mengangkut 104 jerigen ukuran 35 liter berisi minuman keras lokal jenis sopi atau yang biasa disebut milo. Tak lama berselang, tim kembali mengamankan 33 jerigen yang berukuran dan isi yang sama. Total, malam itu polisi mengamankan 137 jerigen atau 4.110 liter milo.

Kapolres Fakfak, AKBP. Ary Nyoto Setiawan, S.IK., M.H. membenarkan operasi pemberantasan miras ini.

“Memang benar, dan barang bukti saat ini sudah diamankan di Mapolres Fakfak untuk proses selanjutnya. Saat itu, anggota sempat meletuskan senjatanya, lantaran tersangka hendak melarikan diri dari intaian petugas,” jelas Kapolres.

 

Miras dan longboat yang diamankan (foto dok pol)
Miras dan longboat yang diamankan (foto dok pol)

Keberhasilan tim gabungan Sat Res Narkoba dan Sat Polair Polres Fakfak ini, berkat kesabaran anggota tim yang melakukan pengintaian selama tiga hari di salah satu bagan atau rumpon buatan apung di perairan sekitar Pulau Panjang.

“Setelah mendapat informasi A1, malam itu kami mencegat sebuah longboat biru dengan mesin 40 PK. Awalnya mereka tidak mengetahui kami polisi, sebab kami menggunakan boat yang bukan boat Polair. Namun ketika kami sorot dengan lampu senter, mereka hendak melarikan diri. Selain itu, informasi awal, mereka membekali diri dengan bom ikan, sehingga kami melepaskan tembakan ke udara untuk membuat mereka tidak kabur,” jelas Kasat Narkoba Polres Fakfak, Iptu Slamet Eko, S.H. saat ditemui infofakfak.com di ruang kerjanya, Rabu kemarin.

Dari operasi ini, selain mengamankan barang bukti milo sebanyak 4.110 liter dari perairan Tubir Seram dan Pantai Cakra Kampung Nemewikarya, Distrik Fakfak tengah, polisi juga mengamankan seorang driver longboat dengan inisial L Up dan seorang anak buahnya, L Ab.

Dari pemeriksaan, L Up dan L Ab mengaku bahwa miras jenis sopi tersebut adalah milik La Ode Z alias L Am, warga Jln. Yos Sudarso RT 4, Kampung Kapartutin, Distrik Pariwari yang berprofesi sebagai nelayan.

Polisi masih terus mengembangkan kasus ini, sebab miras jenis sopi sering diselundupkan, masuk ke Fakfak melalui jalur perairan dengan menggunakan perahu. Miras-miras yang diprediksi berasa dari Bula tersebut, tidak langsung dimasukkan ke Fakfak, namun ditimbun dulu di beberapa tempat, di sekitar Pulau Panjang dan Pulau Pisang.

Sebagai antisipasi penyelundupan miras melalui kapal-kapal yang merapat di Pelabuhan Fakfak, Polair Polres Fakfak juga secara rutin mengawal masuknya kapal.

Kasat Polair Polres Fakfak, Iptu Arif Usman Rumra menjelaskan bahwa, pihaknya terus mengawasi perairan Fakfak. Selain rawan penyelundupan miras jenis sopi, pihaknya juga memandu dan sekaligus mengawal masuknya kapal-kapal penumpang yang bersandar di Pelabuhan Fakfak.

“Seperti hari ini, masuk Kapal Tidar. Kami juga mengawal sekaligus memandu kapal tersebut hingga sandar di Pelabuhan Fakfak. Operasi ini rutin dilaksanakan, sebagai antisipasi penyelundupan miras dan barang ilegal lainnya,” jelas Arif. “Modusnya, miras dalam jerigen tersebut dibuang ke laut sebelum kapal masuk ke Pelabuhan Fakfak. Lalu, miras yang mengapung tersebut diambil orang yang sudah menunggu, menggunakan perahu,” lanjutnya.

Dalam operasi yang menggunakan boat patroli milik Polair Polres Fakfak ini, sejumlah wartawan juga diperkenankan ikut untuk melihat langsung proses pemanduan kapal yang masuk ke Pelabuhan Fakfak. (*)

Reporter: Ayu, Wahyu

Editor: Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Dianggap Cemarkan Nama Baik, Ketua DKR Fakfak Dilaporkan Polisi

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Rida Angriani, pemilik  sekaligus pimpinan Apotik Satria Medika yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *