Home / Headline / Prospek Pertanian Di Bomberay Pasca Bimtek

Prospek Pertanian Di Bomberay Pasca Bimtek

Muhammad Sholeh, saat memimpin rapat evaluasi Bimtek
Muhammad Sholeh, saat memimpin rapat evaluasi Bimtek

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Prospek pertanian di Distrik Bomberay, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pasca kegiatan Bimtek kepada petani dan penyuluh yang dilakukan di Bomberay pada (16/12) yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Fakfak bekerjasama dengan BPTP Provinsi Papua Barat, diharapkan membawa perubahan positif.

Kegiatan selama tiga hari tersebut, mendapat tanggapan positif oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak, Muhammad Sholeh, S.Hut., M.Si.

“Dengan hasil pelatihan kemarin, kami berharap ada perubahan paradigma berpikir dari kelompok tani yang memang mendiami wilayah agropolitan Bomberay, yang dengan perubahan paradigma itu, kemudian memotivasi mereka untuk bagaimana bisa kembali  melakukan usaha di bidang pertanian,” harap Sholeh. “Setelah nanti ada irigasi yang dikerjakan oleh kementerian PU itu bisa berhasil, isya Allah dengan swadaya, mereka bisa melakukan pengembangan sawah yang ada di wilayah kawasan agropolitan Bomberay,” imbuhnya.

Sholeh juga berharap, para penyuluh pasca pelatihan ini, juga ada perubahan paradigma berpikir, dalam kerangka bagaimana memacu produktivitas dari lahan pertanian. Juga memotivasi petani untuk senantiasa berupaya terus di bidang pertanian ini.

Menurut Sholeh, proses proses tersebut lakukan secara gradual, secara bertahap. Dan ini merupakan tahap pertama dalam tahap penyiapan kerangka SDM petani maupun penyuluh.

“Nanti setelah adanya irigasi, kami berharap secara swadaya masyarakat secara mandiri juga melakukan usaha dibidang pengembangan pengembangan sawah. Sehingga, tanaman pangan akan semakin berkembang,” ujar Sholeh.

Selanjutnya, harapan pemerintah berikutnya adalah kemandirian pangan, khususnya di Kabupaten Fakfak, minimal bisa terpenuhi. Sehingga tak lagi berharap bahan pangan berasal dari luar daerah seluruhnya.

Nampaknya, harapan Sholeh cukup sederhana. Pelatihan atau Bimtek yang sudah dilakukan tersebut, mampu membawa perubahan, yakni bisa terpenuhinya kebutuhan pangan sendiri. (ayu)

 

Editor : Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Samaun Dahlan Dukung Wacana “Lelang Jabatan” Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur

  Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ketua takmir Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, Papua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *