Home / Info Kampung / Ramla Heremba, Perajin Kue Lontar Sejak Tahun 80-an

Ramla Heremba, Perajin Kue Lontar Sejak Tahun 80-an

Ramlan Heremba, perajin kue lontar khas Fakfak. (Foto Wawan)

Reporter : Jojie Matitaputty
Fotografer : Tri Wahono
Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM,  FAKFAK_  Dalam bincang santai antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Fakfak bersama salah seorang perajin atau pembuat kue lontar, Ramla Heremba, terungkap bahwa, dia menekuni pekerjaan sebagai pembuat kue lontar sejak tahun 80-an.

Dalam bincang santai yang berlangsung pada Minggu, 24 Oktober 2021 di Winder Tuare itu, Ramla mengaku, talentanya menurun dari sang bibi.

“Ada dua resep, satunya untuk kami keluarga  dan satunya lagi untuk dijual. Namun sekarang, kue lontar yang dijual adalah resep yang awalnya untuk keluarga,” jelas Ramla.

Menurut Ramla, meski waktu itu telah banyak orang yang membuat kue lontar, namun soal cita rasa berbeda dengan yang dibuatnya.

“Mungkin ini anugerah  Tuhan, sehingga saya bisa membuat kue lontar yang menjadi ciri khas saya. Padahal untuk teknik pembuatannya sudah saya ajarkan kepada orang lain. Namun tetap saja rasanya berbeda dengan yang saya buat,” urai Ramla.

Ramlah mengaku, dirinya sudah memberikan resep kue lontar keluarga ini kepada anaknya. Dan kini, anak Ramlah menjual kue lontar di Solo, Jawa Tengah, dan mendapat perhatian penikmat kuliner cukup baik. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

KOPRI PMII Fakfak Memperingati Hari Lahir Ke-54

Reporter : Amrin Landupa Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *