Home / Headline / Bupati Fakfak Tanam Kopi Robusta di Kampung Lusiperi

Bupati Fakfak Tanam Kopi Robusta di Kampung Lusiperi

Secara simbolis, Bupati Fakfak Untung Tamsil menanam kopi jenis robusta di lahan seluas 0,5 hektar dari jumlah keseluruhan 2,5 hektar yang ditanam selama tahun 2023 ini. (Foto ach)

 

Reporter: Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM_ Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos., M.Si., secara simbolis menanam bibit kopi jenis robusta di lahan seluas 0,5 hektar di Km 9 Kampung Lusiperi, Distrik Fakfak, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Rabu, 20 Desember 2023.

“Alhamdulillah, hari ini kami menanam dan melanjutkan pengembangan tanaman kopi sebagai salah satu komoditas unggulan. Unggulan ini maksudnya, kopi merupakan jati diri orang Fakfak, karena dalam prosesi adat, silaturahim keluarga, selalu ada kopi,” ucap Bupati Fakfak Untung Tamsil.

Widi Asmoro Jati, Plt. Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Fakfak menambahkan, secara simbolis Bupati Fakfak menanam kopi jenis robusta di lahan seluas 0,5 Ha dari jumlah keseluruhan lahan seluas 2,5 Ha yang ditanam pada 2023 ini.

“Untuk lahan kopinya tersebar di beberapa kampung seperti Kampung Lusipeti, Mamur dan Pikpik, bersamaan dengan penanaman tembakau,” jelas Widi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Fakfak juga menyerahkan uang kepada pemilik lahan sebesar Rp. 8.750.000 sebagai insentif untuk pembukaan lahan hingga penanaman kopi.

Bupati Untung Tamsil berharap, penanaman bibit kopi ini menjadi motivasi bagi masyarakat untuk berkebun dan menjadikan kopi sebagai komoditas unggulan selain pala.

Kopi jenis robusta biasanya mulai bisa dipanen ketika berumur 3 hingga 4 tahun. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Harry L Marani Kunjungi Fakfak, Serap Aspirasi Dan Pantau Pelaksanaan Pemilu 2024

  Reporter: Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Harry L Marani, anggota Majelis Rakyat Papua Barat atau MRPB ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *