Home / Info Kampung / Dinas Kebudayaan dan Pariwisata PB Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Pramuwisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata PB Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Pramuwisata

Drs. Ruland R Sarwom, M.Si., Sekretaris Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat. (Foto: Jojie)

Reporter : Jojie Matitaputty   | Editor : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM,  FAKFAK_ Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat, menggelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Pramuwisata di Fakfak, Kamis, 21 Oktober 2021.

Drs. Ruland R Sarwom, M.Si., Sekretaris Dinas kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat, menjelaskan bahwa, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk membentuk pramuwisata yang handal dan profesional, agar mampu menjelaskan potensi kekayaan dan keindahan alam di Kabupaten Fakfak.

“Setelah menyiapkan pramuwisata yang handal, kami juga akan fokus di infrastruktur pariwisata, karena hal ini sangat penting,” ujar Ruland.

Ruland berharap, pelatihan dan uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Pramuwisata atau LSP Pramindo itu, bisa mecapai target yang optimal.

Dikatakan Ruland, pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk beberapa titik lokasi sebagai tempat pembangunan infrastruktur pariwisata. Salah satu contoh, pembangunan infrastrukur berupa homestay di Kabupaten Teluk Wondama yakni Kepulauwan Ron.

“Tidak menutup kemungkinan kami akan bekerja sama dengan dinas terkait di Kabupaten Fakfak, untuk pembangunan infrastruktur  seperti Homestay, agar wisatawan yang datang memiliki tempat tinggal sementara saat berwisata ke Kabupaten fakfak,” jelasnya kepada Infofakfak.com di sela-sela pelatihan siang kemarin. “Kegiatan seperti ini akan menambah wawasan pramuwisata, agar mampu menjelaskan potensi kekayaan dan keindahan alam di Fakfak yang luar biasa.  Potensi ini perlu didukung dengan sumber daya manusia yang memumpuni, terutama datang dari anak-anak putra putri daerah asli Kabupaten Fakfak,” lanjutnya. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

KOPRI PMII Fakfak Memperingati Hari Lahir Ke-54

Reporter : Amrin Landupa Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ...

One comment

  1. Maaf koreksi, SERTIFIKASI bukan pelatihan.
    Pesertanya adalah yg sdh pernah beberapa kali ikut pelatihan baik yg untuk unit ekowisata maupun yg city tour

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *