Home / Headline / Capacity Building TP2DD Dan Implementasi ETPD, Langkah Kongkrit Peningkatan PAD

Capacity Building TP2DD Dan Implementasi ETPD, Langkah Kongkrit Peningkatan PAD

Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si., menghadiri E-Festival Raja Ampat 2021. (Foto ist)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, RAJA AMPAT_ Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, membuka Penguatan Kapasitas dan Manajemen Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan  Percepatan Implementasi Eektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah atau ETPD.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Bank Indonesia ini,  dilangsungkan di Kantor Bupati Raja Ampat, Papua Barat, pada Selasa, 29 Juni 2021.

Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos., M.Si. bersama dengan para Bupati dan Wali Kota se-Papua Barat, hadir dalam acara tersebut, sebagai bentuk komitmen bersama mendorong perluasan digitalisasi dan elektronisasi transaksi pemerintah daerah, dalam rangka upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

Selain bertujuan mendorong target PAD, melalui instrumen ini diharapkan mampu menjaga PAD, meningkatkan tax ratio dan pendapatan daerah dari berbagai sumber anggaran.

Dalam forum ini, Bupati Fakfak berharap agar, perlu adanya langkah-langkah dalam mendorong proses digitalisasi dan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

“Diantaranya dukungan kompetensi SDM yang handal dalam pengelolaan, dukungan percepatan infrastruktur sistem pembayaran dan peningkatan jaringan telekomunikasi. Karena instrumen menjadi kunci kongkrit bisa berjalannya proses elektronisasi pendapatan daerah,” ujar Bupati Fakfak.

Selanjutbya, sebagai langkah konkrit, akan disusun rencana aksi dan run map serta model target elektronisasi, untuk beberapa jenis pendapatan dan belanja daerah yang urgen dan terfokus dulu, misalnya, dalam pembayaran PBB secara online dan pembayaran parkir oleh masyarakat secara langsung.

“Lalu terus dikembangkan untuk jenis pendapatan belanja lainnya, sehingga semakin produktif dan transparan,” lanjut Bupati.

Untuk memaksilkan program ini, dalam waktu   dekat akan dilakukan restrukturisasi  terhadap organisasi keuangan daerah dengan menambahkan OPD Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Fakfak.

“Upaya ini bertujuan untuk menggenjot pendapatan daerah, sesuai dengan target visi misi yang akan dituangkan dalam RPJMD Fakfak Tersenyum 2021-2026.” pungkas Bupati termuda di Papua Barat ini.

Dalam kegiatan yang sama, Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, menutup seluruh rangkaian kegiatan dengan tajuk E-Festival Raja Empat 2021 ini. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Hadiri Pelantikan Di Manokwari, Bupati Dan Wabup Fakfak Terpilih Menumpang KM Tidar

Reporter : Wahyu HidayatINFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Bupati Fakfak terpilih, Untung Tamsil, S.Sos., M.Si. dan Wakil Bupati ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *