Home / Headline / Samaun Dahlan Dukung Wacana “Lelang Jabatan” Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur

Samaun Dahlan Dukung Wacana “Lelang Jabatan” Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur

Samaun Dahlan, S.Sos., M.A.P., Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Makmur, Fakfak, Papua Barat (Foto dok. IF)

 

Reporter : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ketua takmir Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, Papua Barat, Samaun Dahlan, S.Sos., M.A.P., mendukung wacana Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak, untuk “lelang jabatan” ketua takmir masjid di Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak.

Menurut Samaun Dahlan, sebagai masjid tingkat kabupaten, Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, harus bisa menjadi masjid panutan dan percontohan bagi masjid-masjid lainnya. Demikian disampaikan Samaun Dahlan kepada media ini di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“Saya sangat mendukung wacana “lelang jabatan” khususnya jabatan ketua takmir masjid, untuk mencari profil yang memiliki wawasan, komitmen dan integritas yang baik, agar Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, benar-benar menjadi masjid level Kabupaten,” ujar Samaun Dahlan yang juga Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak ini. “Saya akan sampaikan wacana ini Kepada Bupati Fakfak,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak, Rajab Barawasi, S.Ag. menyampaikan, profil seorang calon ketua takmir Masjid Agung Baitul Makmur, bukan hanya orang yang ikhlas saja, namun juga harus memiliki kapabilitas sebagai seorang pemimpin masjid agung.

“Idealnya, ketua takmir sebuah masjid agung harus memiliki wawasan kemasjidan, memiliki hubungan yang baik dengan pemerintah daerah dan masyarakat, memiliki integritas yang tinggi, berkomitmen kuat dan memiliki visi misi kedepan yang jelas,” kata Rajab Barawasi, Minggu, 31 Mei 2020 pagi tadi.

Saat ini, masa bhakti kepengurusan di Masjid Agung Baitul Makmur telah paripurna. Untuk itu harus segera dibentuk kepengurusan baru tingkat kabupaten, yang menggabungkan beberapa talenta di bidangnya.

Menurut Rajab Barawasi, masjid bukan hanya sebagai tempat untuk ibadah saja. Dalam manajemen kemasjidan modern, masjid juga harus bisa menjadi kekuatan ekonomi, sosial dan pendidikan bagi umat, serta bisa memberikan solusi berbagai macam masalah.

Jika wacana ini bisa dilaksanakan, maka Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Fakfak bersedia menjadi mediator dalam hal mencari profil yang diharapkan mampu menjadi ketua takmir Masjid Agung Baitul Makmur. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Gugus Tugas Distrik Fakfak Barat Rutin Laksanakan Rikes Di Pos Pencegahan Kampung Kiat

INFOFAKFAK.COM, FAKFAKBARAT_ Babinsa koramil 1803-01/Fakfak Kota, Serda Fakhrudin bersama Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Distrik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *