Home / Info Kampung / Situasi Covid-19 Belum Menentu, Kapolres Fakfak Beri Pedoman Kontijensi Klaster Covid-19

Situasi Covid-19 Belum Menentu, Kapolres Fakfak Beri Pedoman Kontijensi Klaster Covid-19

Kapolres Fakfak, AKBP. Ongky Isgunawan, S.I.K memimpin rapat dalam rangka evaluasi penanganan Covid-19, sekaligus memberikan pedoman kontijensi klaster Covid-19. (Foto Humas Tes Fakfak)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Bertempat di Aula Anton Soedjarwo Polres Fakfak, dilaksanakan rapat dalam rangka evaluasi penanganan Covid-19, sekaligus memberikan pedoman kontijensi klaster Covid-19.

Dalam rapat iyang dipimpin oleh Kapolres Fakfak, AKBP. Ongky Isgunawan, S.I.K., hadir pula Waka Polres Fakfak, Kompol. Harun Tunru, para pejabat utama Polres Fakfak, para Kapolsek, para Bhabinkamtibmas, serta personil Polres Fakfak yang telah disprintkan.

Dalam arahannya, Kapolres Fakfak, AKBP. Ongky Isgunawan menyampaikan beberapa hal, diantaranya, menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Pada prinsipnya,  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro dalam penanganan Covid-19 adalah : utamakan keselamatan Petugas dan Masyarakat, penutupan satuan wilayah terkecil seperti RT (bisa beberapa RT dalam satu desa/kelurahan, kecepatan assesment terhadap hasil PCR, dan ketepatan dan transparansi data.

Kapolres menambahkan, “Langkah-langkah yang perlu dilaksanakan dalam peningkatan PPKM berbasis mikro, ialah, mapping zonasi sampai ke jumlah rumah warga, mengelola dengan prinsip selektif prioritas, melaksanakan penegakkan disiplin dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara pendekatan yang humanis, tidak arogan, serta melaksanakan tindakan profesional yang terukur dan tetap mengedepankan tindakan yang humanis dan simpatik. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan, personil khususnya Bhabinkamtibmas dapat memahami pedoman kontijensi klaster covid-19, sehingga dapat mencegah dan meminimalisir penyebaran dan penularan covid-19 di Kabupaten Fakfak.”

Kontijensi sendiri merupakan keadaan yang masih diliputi ketidakpastian dan berada di luar jangkauan. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Sekda Klarifikasi, Sewa Wisma Torea Satu Milyar Untuk 6 Bulan

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM,  PARIWARI_ Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P., Sekretaris Daerah Fakfak, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *