Home / Headline / Kampung Darembang, Kampung Bersih Yang Mencegah Penyebaran Covid-19

Kampung Darembang, Kampung Bersih Yang Mencegah Penyebaran Covid-19

Kepala Kampung Darembang, Mursalam Sasim, menyerahkan bantuan sosial kepada warganya. (Foto dok. IF)

Reporter : Ayu                  | Editor : Wahyu Hidayat

INFOFAKFAK.COM, MBAHAMDANDARA_ Dari Terminal Kokas di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, dengan menggunakan moda transportasi laut berupa longboat, dibutuhkan waktu sekira 1,5 jam untuk sampai di Kampung Darembang, Distrik Mbahamdandara.

Dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di kampung yang bersih dengan rumah tertata rapi tersebut, Jumat, 12 Juni 2020, dilakukan penyemprotan desinfektan di seluruh bangunan di kampung yang dihuni 49 kepala keluarga dengan jumlah penduduk 211 tersebut. Selain itu, masyarakat kampung hari itu juga gembira, sebab dana bantuan BLT sebesar 900.000 mereka terima.

Kepala Kampung Darembang, Mursalam Sasim menyampaikan, penyemprotan desinfektan dilakukan atas seluruh bangunan yang ada di kampung, yang meliputi masjid, bangunan sekolah dasar dan rumah penduduk.

“Penyemprotan desinfektan diawali di masjid kampung, lalu dilanjutkan di bangunan SD dan rumah-rumah penduduk. Hari ini juga, kami akan mneyerahkan bantuan sosial sebesar 900.000 untuk 49 kepala keluarga,” jelasMursalam Sasim.

Mursalam Sasim dikenal sebagai kepala kampung yang baik oleh masyarakat. Bahkan untuk menjaga keterbukaan informasi, media ini diberikan keleluasaan untuk bertanya kepada penduduk secara langsung.

Pantauan media ini, kegiatan Posyandu dan arisan sebagai anak-anak juga terlaksana dengan baik. Arisan anak-anak dilakukan sebagai upaya pendidikan kepada anak-anak, untuk berperilaku hemat.

“Semua kegiatan di kampung kami berjalan sangat baik dan normal, dan semua itu karena Kepala Kampung dan Ibu Ketua PKK  yang  sangat perduli. Ibu-ibu juga aktif,” ujar Khadija Patiran, Wakil Bendahara PKK di kampung yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan tersebut.

Anak-anak Kampung Darembang yang berharap pendidikan yang lebih bai. (Foto dok. IF)

Namun, khusus masalah pendidikan bagi anak usia sekolah dasar, masih perlu mendapat perhatian, lantaran SD satu-satunya di kampung tersebut, keberadaan gurunya sering kosong. Akibatnya, banyak anak yang masih kesulitan membaca.

Informasinya, di SD kampung tersebut, hanya ada 1 Ibu Guru yang mengajar dari kelas 1 hingga kelas 6. Tentu saja hal ini akan menyulitkan pembagian waktu belajar, dan menyebabkan pelajaran tidak bisa terserap dengan cukup. Semoga saja, pemerintah daerah segera memperbaiki kondisi ini. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

KPU Fakfak Gelar Bimtek Bagi 253 PPDP, Coklit 15 Juli Hingga 13 Agustus 2020

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ KPU Kabupaten Fakfak, Senin, 13 Juli 2020, menggelar bimbingan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *