Home / Fakfak News / Ekonomi / Dianggarkan 2 Miliar, Anggaran PEDA Baru Terpenuhi 1,4 Miliar

Dianggarkan 2 Miliar, Anggaran PEDA Baru Terpenuhi 1,4 Miliar

Lokasi pameran PEDA masih lengang
Lokasi pameran PEDA masih lengang

Fakfak_ PEDA atau Pekan Raya Daerah tingkat Provinsi Papua Barat, yang merupakan ajang unjuk perkembangan dunia pertanian ini, akan berlangsung selama 5 hari, sejak 20 hingga 25 Agustus 2016 mendatang.

Kali ini, panitia pelaksana PEDA menganggarkan 2 miliar untuk pelaksanaan kegiatan yang rencananya diikuti oleh 1.100 peserta tersebut.

“Anggarannya sebesar 2 miliar, dengan rincian 1 miliar merupakan dana dari Pemda Fakfak, 400 juta dari Pemprov Papua Barat, khusus untuk konsumsi seluruh peserta, dan masih ada kekurangan 600 juta. Kekurangan ini masih kami bahas,” jelas Sekretaris Panitia Pelaksana  PEDA, Muhammad Sholeh, S.Hut.

Lebih jauh Sholeh menjelaskan, pantia telah mencapai perkembangan persiapan yang cukup signifikan. Persiapan rumah penginapan dan kebutuhan air, serta sarana transportasi bagi peserta, telah tersedia.

“Dalam pembahasan terakhir, panitia akan menyediakan sekitar 30 rumah penginapan, diluar hotel dan penginapan yang telah ada. Untuk itu, panitia juga menyediakan profil guna menampung air, bagi rumah penginapan tersebut,” ujar Sholeh.

Disinggung manfaat PEDA bagi masyarakat Fakfak, Sholeh menjelaskan bahwa, dari investasi pemerintah daerah sebesar 1 miliar itu, ditargetkan akan memberikan manfaat finansial lipat 5 kali.

“Sekadar contoh, manfaat langsung dari sisi finansial, dapat dihitung dari dana yang akan diperoleh oleh pemilik rumah yang dipergunakan untuk penginapan. Berdasarkan kesepakatan di provinsi, setiap peserta akan mengeluarkan dana 200 ribu setiap hari. Maka dalam 7 hari pelaksanaan PEDA, dikalikan 1.100 peserta, akan ada dana sekitar 1.540.000. Belum di sektor hotel. Sedangkan manfaat tak langsung, bisa merambah sektor transportasi, kios atau warung, serta sektor ekonomi masyarakat lainnya,” jelas Sholeh.

Rencananya, panitia segera mendirikan berbagai perangkat pameran yang akan dipusatkan di lokasi reklamasi atau Jl. Salasa Namudat. Dan untuk menjaga lokasi pameran, panitia akan bekerja sama dengan pihak kepolisian. Hal ini dilakukan, lantaran panggung utama beberapa kali mengalami pengurasakan dari orang yang tak bertanggungjawab.

Sholeh berharap peran aktif masyarakat untuk mendukung pelaksanaan PEDA, utamanya dengan menjaga kondisi Fakfak yang kondusif. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Melayani Lebih Dekat, BRI Fakfak Buka Teras BRI di Kokas

  Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM_ Untuk memberikan pelayanan yang semakin dekat dan mudah, BRI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *