Home / Headline / Pasar Thumburuni Akan Dibangun 4 Lantai Pada Lahan 9.568 m²

Pasar Thumburuni Akan Dibangun 4 Lantai Pada Lahan 9.568 m²

Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Analisis Dampak.Lingkungan Pembangunan Pasar dan Terminal.Thumburuni.Fakfak yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR2KP) Kabupaten Fakfak pada Jumat, 22 Oktober 2021

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK.COM,  FAKFAK_ Setelah mangkrak lebih kurang 2 tahun pasca kerusuhan sosial pada 2019 lalu, tak lama lagi Pasar Thumburuni akan segera dibangun kembali.

Hal ini terungkap dari dokumentasi yang dipresentasikan pada kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Analisis Dampak.Lingkungan Pembangunan Pasar dan Terminal.Thumburuni.Fakfak yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR2KP) Kabupaten Fakfak pada Kamis, 21 Oktober 2021 di Wintder Tuare Fakfak, Papua Barat.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas PUPR2KP, Teguh Sugiharto, S.T. mengatakan, “Direktur Direktorat Prasarana Strategis telah menerbitkan surat keterangan Bangunan Gedung Hijau (BGH) Pasar Thumburuni
tingkat pratama. Oleh karena itu, Pasar Thumburuni menjadi pasar pelopor yang menerapkan Implementasi Building Information  Management (BIM) di Tanah Papua dan secara khusus di Provinsi Papua Barat,”

Sementara itu, Liza Neirasari, Sekretaris Dinas PUPR2KP Kabupaten Fakfak menjelaskan bahwa, Pasar Thumburuni akan menempati lahan seluas 9.568 m² dan dibangun dalam 4 lantai dengan luas bangunan mencapai 13.563 m².

Adapun rincian peruntukan masing-masing lantai sebagai berikut; lantai 1 seluas 4.042 m² akan dibangun los meja batu 308 unit . Pada lantai 2 denga  luas 3.401 m² untuk los meja batu sebanyak 308 unit.

Lantai 3 seluar 3.057 m² akan dibangun kios campur 104 unit dan los emperan 108 unit. Terakhir, pada lantai 4 dengan luas 3.057 m² akan dilengkapi los emperan 97 unit, kios campur 56 unit dan kios siap saji 40 unit.

Nantinya, parkiran Pasar Thumburuni mampu menampung 120 motor dan 44 mobil.

Sementara itu, Terminal Thumburuni juga akan dipercantik dalam beberapa lajur kendaraan umum dan dilengkapi dengan tempat peristirahatan sopir kedatangan dan sopir keberangkatan.

Diharapkan, pembangunan kembali Pasar Thumburuni dan Terminal Thumburuni yang lebih modern ini, akan mampu menggerakkan roda perekonomian Fakfak menjadi lebih baik. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Reog, Kuda Lumping dan Campursari “Sedot” 802 Orang Ikut Vaksinasi

Reporter : Sri Maryati Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Berbagai upaya yang dilakukan pihak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *