Home / Headline / 5678, Angka Keramat Yang Antarkan Pasangan UTAYOH Melaju Ke Pilkada 2020

5678, Angka Keramat Yang Antarkan Pasangan UTAYOH Melaju Ke Pilkada 2020

Untung Tamsil menerima berita acara hasil rekapitulasi verifikasi faktual perbaikan dari Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa (Foto IF)

Reporter : Wahyu Hidayat
INFOFAKFAK. COM, PARIWARI _ 5.678 menjadi angka keramat bagi bapaslon Untung Tamsil, S.Sos., M.Si. dan Yohana Dina Hindom, S.E., M.M. atau yang dikenal sebagai pasangan UTAYOH, untuk mendaftar sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Fakfak pada Pilkada 2020 ini.

5.678 merupakan jumlah akumulasi dari hasil rekapitulasi verifikasi faktual atau verfak jilid 1 dan verfak perbaikan.

Pada verfak pertama, pasangan UTAYOH mendapatkan suara dukungan sebanyak 3.984 dan pada verfak perbaikan yang dilangsungkan di Kantor KPU Kabupaten Fakfak, Jl. Kadamher Kompleks Air Merah, Kelurahan Wagom Utara, Distrik Pariwari, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Jumat, 21 Agustus 2020 kemarin, pasangan UTAYOH mendapatkan tambahan dukungan sebanyak 1.694. Sehingga terakumulasi menjadi 5.678 suara dukungan.

Dengan dukungan sebanyak 5.678 itu, pasangan UTAYOH, telah berhasil melampaui syarat dukungan minimal 5.179 yang ditetapkan KPU Kabupaten Fakfak.

Rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan ini sendiri, berlangsung cukup alot. Penyebabnya, usai skors untuk melaksanakan salat Jumat, Bawaslu Kabupaten Fakfak menghimbau KPU Kabupaten Fakfak, untuk meneliti dukungan sebanyak 2.066 yang terindikasi ganda atau bermasalah.

“Kami harus meneliti apa yang disampaikan Bawaslu tadi. Namun untuk meneliti dokumen sebanyak 2.066 itu, tentu tidak cukup satu hari ini. Dan karena ini bisa berdampak pada sanksi administratif dan pidana, maka kami meminta kepada Bawaslu Kabupaten Fakfak, untuk menerbitkan rekomendasi yang mengijinkan kami memperpanjang masa pleno hari ini,” ujar Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa, S.IP., sesaat setelah mencabut skors pertama.

Nampaknya, permintaan rekomendasi “tameng hukum” dari KPU Kabupaten Fakfak ini, sulit diberikan oleh Bawaslu Kabupaten Fakfak.

Alhasil, ketika Ketua KPU Kabupaten Fakfak mencabut skors pukul 20.01 WIT, Dekri menyampaikan bahwa, pihaknya telah berkoordinasi dengan jenjang diatasnya masing-masing dan melanjutkan rapat pleno terbuka tersebut.

Belum diketahui secara pasti, bagaimana KPU Kabupaten Fakfak meneliti ribuan dokumen yang dianggap bermasalah tersebut. Namun sumber informasi menyampaikan bahwa, KPU Kabupaten Fakfak melakukan sampling secara random atau acak, untuk menguji kesahihan 2.066 dukungan yang dianggap bermasalah tersebut. Konon hasilnya, KPU Kabupaten Fakfak belum menemukan indikasi dukungan bermasalah.

Keputusan KPU Kabupaten Fakfak untuk melanjutkan rapat pleno tersebut, sejalan dengan penegasan Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa yang menegaskan diawal membuka rapat pleno tersebut, bahwa agenda tahapan hanya rekapitulasi hasil verifikasi faktual dari tingkat distrik atau PPD.

“Kami hari ini telah selesai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan, dan pasangan UTAYOH berhasil mendapatkan dukungan sebanyak 1.694. Sedangkan pada verifikasi faktual pertama, pasangan UTAYOH mendapatkan dukungan sebanyak 3.984. Bila dijumlah, pasangan UTAYOH mendapatkan total dukungan sebanyak 5.678. Dengan demikian, maka pasangan UTAYOH dapat melakukan pendaftaran sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak pada Pilkada 2020, yang pendaftarannya dibuka pada 4-6 September 2020,” urai Dekri.

Sujud syukur atas hasil rekapitulasi verifikasi faktual tingkat perbaikan (Foto ist.)

Mendengar hasil rekapitulasi verfak perbaikan ini, Untung Tamsil, Yohana Dina Hindom dan Ketua pemenangan pasangan UTAYOH, Salim Alhamid, melakukan sujud syukur.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa, menyerahkan berita acara yang telah ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU, kepada Kepala Kesbangpol Kabupaten Fakfak, Mahmud Labiru, yang mewakili Bupati Fakfak, kepada Bawaslu Kabupaten Fakfak, perwakilan Kapolres Fakfak, serta kepada pasangan UTAYOH yang diterima oleh Untung Tamsil.

Usai menerima berita acara “kemenanganya”, ratusan pendukung pasangan UTAYOH, melakukan pawai keliling Kota Fakfak dan berakhir di sekretariat pasangan UTAYOH, Jl. Ahmad Yani Fakfak. ***

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Yang Lain Isolasi Mandiri, Demo Tolak Omnibus Law Diterima Dua Anggota Dewan

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Untuk kali kedua, gabungan mahasiswa Fakfak, Senin, 12 Oktober ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *