Home / Headline / Damkar Rusak, Bandara Torea ½ Lumpuh

Damkar Rusak, Bandara Torea ½ Lumpuh

Mobil Damkar milik Bandara Torea Fakfak sedang dalam perbaikan
Mobil Damkar milik Bandara Torea Fakfak sedang dalam perbaikan

Fakfak_ Hari ini (25/6), maskapai wins’s air tidak melayani penerbangan dari dan ke Bandara Torea, Fakfak. Hal ini disebabkan, adanya kerusakan pada mobil pemadam kebakaran atau damkar milik Bandara Torea.

Keberadaan damkar, memang menjadi syarat mutlak bagi sebuah bandara. Sehingga, keputusan wings air untuk tidak melakukan penerbangan dari dan ke Bandara Torea, dapat dibenarkan. Alasan keselamatan penumpang, adalah prioritas utama bagi sebuah penerbangan.

Halek Genuni, Kepala Bandara Torea, Fakfak mengatakan, “Memang benar bahwa pesawat wings tidak terbang ke Fakfak, disebabkan mobil damkar kami sedang rusak berat. Sedangkan pesawat express masih melayani rute kesini,”

Halek menjelaskan bahwa, pihaknya tengah berupaya mendatangkan mobil sejenis dari Bandara Sorong.

“Kami sudah mengirim surat kepada Kementerian Perhubungan di Jakarta, agar mengijinkan peminjaman mobil damkar dari Bandara Sorong. Kebetulan KM Kalabia sedang sandar di Sorong, sehingga kami berharap, mobil damkar segera diantar ke Fakfak. jika upaya ini berhasil, maka diharapkan Bandara Torea sudah bisa beroperasi beberapa hari lagi,” jelas Halek.

Selanjutnya, Halek Genuni menjelaskan bahwa, mobil damkar tersebut memang telah berusia tua dan pernah menjalani perbaikan di Jakarta pada tahun 2012, dan kembalik rusak pada 2013.

Jadi, selama ini sebetulnya Bandara Torea Fakfak tidak memenuhi persyaratan keamanan penerbangan. Mahalnya suku cadang, serta jasa service yang tidak ada di Papua, dikatakan menjadi salah satu sebab belum diperbaikinya mobil tersebut.

Kerusakan mobil damkar tersebut, baru diketahui pihak wings air, ketika mekanik dari Bandara Sentani Jayapura, membongkar mobil damkar tersebut. Jika menunggu perbaikan mobil damkar ini, diperkirakan Bandara Torea layak didarati pesawat sebulan lagi.

Belum diketahui, apakah maskapai express juga akan menghentikan pelayanan penerbangan dari dan ke Bandara Torea. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Setelah Tutup 19 Hari, Bandara Torea Kembali Normal

Fakfak_ Kedatangan pesawat wings air pagi tadi (29/1), menjadi pertanda Bandara Torea Fakfak, Papua Barat, ...

One comment

  1. Seharusnya hal ini sudah di antisipasi dari awal klo memang bandara belum safety srmua aktifitas penerbangan di hentikan sehingga tidak menimbulkan masalah yg tidak di inginkan bila perlu di tutup smntra dlm waktu yg tidak di tentukan sampai benar2 semua aspek keslamatan dan penerbangan di bandara terpenuhi baru di buka kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *