Home / Headline / Kasus DBD Di Kaimana Meningkat Menjadi 46 Kasus

Kasus DBD Di Kaimana Meningkat Menjadi 46 Kasus

Heny Monim, Kasi P2PM pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, , ()dok. IF
Heny Monim, Kasi P2PM pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, , (dok. IF)

INFOFAKFAK.COM, KAIMANA_ Jumlah kasus Demam Berdarah Dangue atau DBD di Kabupaten Kaimana, Papua Barat pada bulan Maret 2020 ini, meningkat naik menjadi 46 kasus. Demikian disampaikan Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menularatau P2PM pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Heny Monim, di ruang kerjanya, Kamis, 12 Maret 2020.

“Data pasti yang kami dapat dari RSUD Kaimanan dan yang kami laporkan ke provinsi ada 46 kasus. Namun kalau ada yang memberitakan lebih dari jumlah yang ada, mungkin keliru. Karena tidak semua pasien yang masuk didiagnosa,  semua terserang DBD,” ungkapnya.

Dijelaskan, pada Januari 2020 hanya ada 10 kasus. Lalu terjadi peningkatan kasus DBD ini tepatnya pada Pebruari hingga Maret 2020, positif 46 kasus. Jelas Heny. “Dari jumlah tersebut, kebanyakan anak-anak yang terserang DBD. Jadi diharapkan kepedulian orang tua untuk terus memperhatikan pola makan, aktivitas anak saat bermain terutama pada pagi dan siang hari.

“Nyamuk penyebab demam berdarah kan meyerang semua umur, tetapi yang paling banyak adalah anak-anak, karena daya tahan tubuh mereka lemah. Apalagi anak-anak sangat aktif, sehingga orang tua harus memperhatikan aktivitas bermain mereka,  terutama pada pagi dan siang hari, dimana nyamuk demam berdarah  mencari makan di jam-jam tersebut,” ujarnya.

Heny menuturkan, setiap kasus yang terjadi, pihaknya melakukan pengasapan atau fogging serta juga memberikan himbauan kepada masyarakat, untuk menjaga kebersihan lingkungan serta meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. ***

Reporter: EC    Editor: Wahyu Hidayat

 

 

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Polres Fakfak melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi terkait covid-19 (foto dok IF)

Polres Fakfak “Tembak” Covid-19 Gunakan Mobil Water Canon

Reporter : cw01   |   Editor : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Polres Fakfak, Papua Barat, Kamis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>