Home / Headline / Kantor Kesehatan Pelabuhan Laut Kaimana Lakukan Pemeriksaan Virus Corona Penumpang

Kantor Kesehatan Pelabuhan Laut Kaimana Lakukan Pemeriksaan Virus Corona Penumpang

Pemeriksaan dengan thermal scanner di Pelabuhan Kaimana
Pemeriksaan dengan thermal scanner di Pelabuhan Kaimana

INFOFAKFAK.COM, KAIMANA_ Semakin menyebarnya virus corona atau covid-19 di Indonesia, mengharuskan pemerintah terus berupaya melakukan pencegahan dan pemeriksaan melalui pintu masuk,  baik melalui udara dan  laut, termasuk di Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Laut Kaimana, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, TNI, Polri dan Kantor Karantina Kaimana, pada Rabu (11/3) pagi, melakukan pemeriksaan atas penumpang KM Tidar. Setiap penumpang yang  turun di  Pelabuhan Laut Kaimana, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Kepala seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit  Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Heny Monim, menyampaikan, upaya ini merupakan bentuk pencegahan berdasarkan surat perintah dari Kementerian Kesehatan RI, untuk mencegah masuknya  virus corona, sehingga mulai  saat ini setiap kapal yang masuk di Pelabuhan Kaimana, akan dilakukan pemeriksaan.

“Pemeriksaan di Kaimana baru mulai tadi pagi dengan masuknya KM Tidar. Dan ini bukan berlaku untuk kapal Pelni saja, tetapi  semua aktifitas kapal yang dari luar, baik ABK maupun penumpang, semua diperiksa. Sedangkan untuk pemeriksaan di bandara ditangani oleh pihak Bandara Sorong,” ungkapnya.

Hingga pemeriksaan selesai, tidak ada indikasi yang mengarah pada gejala virus corona. Diakuinya, pihaknya terkendala dengan terbatasnya  alat pendeteksi suhu atau thermal scanner.

“Pemeriksaan tadi berjalan dengan baik, hanya saja kami kekurangan alat deteksi suhu. Tadi penumpang yang turun tidak terlalu banyak, sehinggaproses pemeriksaan cepat selesai,” tambahnya.

Heny Monim menjelaskan bahwa, upaya pencegahan ini akan terus dilakukan sampai adanya pemberitahuan  dari  Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.***

Reporter: EC     Editor: Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Virus Corona (Gbr dok tribunjogja)

Instruksi Lockdown Mandul, Pertalian Saudara Penyebabnya?

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Peristiwa masuknya speedboat milik DPRD Kabupaten Fakfak yang mengangkut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>