Home / Headline / Bawaslu Kaimana, Libatkan Masyarakat Tingkatkan Pengawasan Pemilu.

Bawaslu Kaimana, Libatkan Masyarakat Tingkatkan Pengawasan Pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Karolus Kopong Sabon. S.E.
Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Karolus Kopong Sabon. S.E.

INFOFAKFAK.COM, KAIMANA_ Badan Pengawasan Pemilihan Umum  (BAWASLU) Kabupaten Kaimana, mengelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Propinsi Papua Barat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, para ketua RT/RW, para pengurus OSIS dan perwakilan siswa tingkat SMA/SMK, perwalikan Dharma Wanita dan Bhayangkari, para pemilih pemula, se Kabupaten Kaimana. Kegiatan ini dilangsungkan di Kaimana Beach Hotel, pada Selasa,  11 Maret  2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Karolus Kopong Sabon. S.E., dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan sosialisasi dimaksud adalah, sebagai sarana pembelajaran politik yang baik kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam mengawasi setiap proses tahapan Pemilu.

“Bawaslu sebagai lembaga yang mempunyai mandat untuk mengawasi proses Pemilu, membutuhkan bantuan keterlibatan dari semua pihak dalam aktivitas pengawasan, salah  satunya adalah mengajak semua kelompok masyarakat, untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan tahapan Pemilu dan pengawasan surat suara pada saat pencoblosan, sehingga masyarakat tidak hanya datang ke TPS untuk melakukan pemilihan, tetapi  ikut terlibat mengawasi atas potensi terjadinya kecurangan dan segara melaporkan kepada Bawaslu sebagai lembaga pengawasan pemilu,” urai Karolus.

Lebih lanjut Karolus menyebutkan, bahwa keterlibatan masyarakat sipil dalam pengawasan tahapan Pemilu, juga sebagai salah satu misi Bawaslu, sehingga Bawaslu terlebih dahulu melakukan sosialisasi dan mentransfer ilmu berbasis masyarakat terkait pengawasan Pemilu.

Dengan kehadiran pengawasan masyarakat masif secara psikologi, Karolus Kopong mengakui akan lebih mengawal dan mengingatkan Bawaslu untuk lebih senantiasa berhati-hati, jujur dan adil dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pemilu.

“Berangkat dari evaluasi dan cita-cita besar Bawaslu untuk meningkatkan partisipasif  masyarakat dalam Pemilu, maka kami pihak Bawaslu telah merancang beberapa program besar yang didesain sebagai pusat pengawasan partisipatif, yakni pengawasan berbasis teknologi dan informasi atau yang dikenal dengan sebutan Gowaslu. Pengelolaan media sosial, Forum Warga Pengawasan Pemilu (FWPP), Gerakan Pengawasan Partisipatif  Pemilu (GEMBAR), Satuan Karya Pramuka (SAKA) Adhyasta Pemilu dan Pojok Pengawasan, ” pungkasnya. ***

Reporter: EC     Editor: Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Virus Corona (Gbr dok tribunjogja)

Instruksi Lockdown Mandul, Pertalian Saudara Penyebabnya?

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Peristiwa masuknya speedboat milik DPRD Kabupaten Fakfak yang mengangkut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>