Home / Headline / Wusss… 7.570 Data KTP Lenyap Dari Silon KPU, Tim Utayo Mendatangi KPU Fakfak

Wusss… 7.570 Data KTP Lenyap Dari Silon KPU, Tim Utayo Mendatangi KPU Fakfak

ut
Pertemuan tim Utayo dan KPU Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Tiga puluhan orang tim pemenangan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos., M.Si, dan Yohana Dina Hindom, M.Si. atau yag dikenal dengan sebutan pasangan Utayoo, Sabtu, 15 Peberuari 2020, siang mendatangi Kantor KPU Fakfak, Papua Barat. Mereka meminta penjelasan KPU, terkait hilangnya 7.570 data KTP dukungan, dari Silon atau Sistem Informasi Pencalonan KPU.

Koordinator keluarga Utayoo, Salim Al Hamid menjelaskan bahwa, pihaknya akan menanyakan hal ini, sebab hilangnya data tersebut tentu akan merugikan Utayoo.

“Data KTP dukungan yang sudah kami input kedalam Silon berjumlah 7.572. Namun ketika kami cek lagi, ternyata data itu lenyap, dan hanya menyisakan 2 data saja. Artinya, sebanyak 7.570 data dukungan, hilang,” ujar Salim Al Hamid. “Kami akan meminta penjelasan dari KPU, sebab ada informasi bahwa data hilang karena ada maintenance atau pemeliharaan aplikasi Silon yang dikerjakan oleh KPU RI. Masalah ini harus jelas,” imbuhnya.

Hilangnya data pada Silon KPU, tentu menjadi tanya tanya besar. Meski maintenance sebuah situs atau aplikasi adalah hal yang biasa dilakukan, tetapi data yang ada seharusnya tidak hilang, dan bisa diakses kembali.

“Dana rakyat untuk membuat Silon itu bukan sedikit, lho. Pasti diangka milyaran. Tapi, kok data bisa hilang,” kata Salim Al Hamid heran.

Kedatangan tim pemenangan Utayoo, diterima oleh Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa di Ruang Media Centre KPU Fakfak. Dekry, didampingi oleh komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara, Hasanadin Rettob, Plt. Sekretaris KPU Fakfak, Ocen Wairoy, staf KPU Fakfak Saskia Madu dan seorang operator IT KPU Fakfak.

Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa menyampaikan bahwa, meski data pada Silon yang online hilang, tetapi data pada Silon yang offline tidak hilang. Sehingga data tersebut dapat diinput kembali.

“Data yang offline kan tidak hilang, jadi nanti bisa diinput kembali,” ujar Dekry. “Termasuk data tambahan. Untuk lebih jelasnya nanti disampaikan oleh divisi teknis,” tambahnya.

Tim Utayoo juga meminta agar pertemuan tersebut dibuatkan berita acara, sebagai pegangan sah bagi tim, untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin merugikan pihaknya. Menanggapi permintaan tersebut, Hasanudin Rettob lantas berkoordinasi dengan KPU Provinsi Papua Barat.

“Dari koordinasi yang kami lakukan, silakan tim Utayoo membuat surat untuk menanyakan hal yang terjadi kepada kami, KPU Fakfak. Nanti surat tersebut akan kami teruskan ke KPU RI secara berjenjang, sehingga bisa mendapatkan jawaban resmi dari KPU,” ujar Hasanudin.

Sementara itu, Saskia Madu menjelaskan bahwa hilangnya data tersebut, memang sebagai akibat dari maintenance yang dilakukan oleh KPU RI. Dan atas hal ini, KPU akan menjawab berdasarkan surat yang akan dikirim oleh tim Utayoo.

Dari pertemuan tersebut, diketahui bahwa KPU Fakfak telah menanyakan hilangnya data pada Silon, kepada pasangan cabup dan cawabup selain Utayoo, dan diketahui bahwa data pasangan Nanang Uswanas dan Hermanus atau “Suci”, aman alias tidak hilang.

Pertemuan berakhir dengan damai, setelah Plt. Sekretaris KPU Fakfak, Ocen Wairoy memberikan jaminan, bahwa pihaknya tetap netral pada Pilkada 2020 ini.

“Kalau dulu, DKPP hanya menangani masalah yang melibatkan komisioner KPU saja. Tapi kini, staf KPU juga bisa dipecat dan dipidana. Untuk itu, saya menjamin bahwa KPU akan bertindak netral dalam Pilkada 2020 ini,” ucap Ocen.

Hilangnya data pada Silon yang dibangun dengan biaya mahal dari duit rakyat, tentu merisaukan banyak pihak. apalagi, proses demokrasi khususnya di Kabupaten Fakfak, telah mempertontonkan sejarah demokrasi yang tidak mulus.

Reporter : Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Ketua KPU kabupaten Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa, S.P.

Cegah Penularan Covid-19, KPU Kabupaten Fakfak Tunda Sebagian Tahapan Pilkada 2019

Reporter : Wahyu Hidayat INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Menindaklanjuti Surat Keputusan KPU RI No. 176/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 dan Surat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>