Home / Headline / Pemadaman Masih Akan Terjadi Hingga Minggu Ketiga Pebruari 2020

Pemadaman Masih Akan Terjadi Hingga Minggu Ketiga Pebruari 2020

Albert Safaria (tengah) didampingi Musril Kaotjil (kanan) dan Christian J Ubra (kiri). (dok IF).
Albert Safaria (tengah) didampingi Musril Kaotjil (kanan) dan Christian J Ubra (kiri). (dok IF)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Pelanggan PLN di Kabupaten Fakfak, diperkirakan masih akan mengalami pemadaman listrik hingga minggu ketiga Pebruari mendatang. Hal ini disampaikan oleh Menejer PLN UP3 Sorong, Albert Safaria, Kamis (30/1) sore, saat menggelar Ngobrol Pintar (ngopi) Bareng Wartawan, di salah satu lokasi hiburan di daerah puncak, Fakfak, Papua Barat.

“Kondisi listrik diperkirakan normal pada minggu ketiga Pebruari 2020,” ujar Albert, didampingi Menejer PLN ULP Fakfak, Musril Kaotjil.

Lebih jauh, Albert menjelaskan bahwa, pihaknya telah membuat time schedule atau jadwal pemulihan sistem, yakni instalasi 1 unit mesin pengganti yang memiliki daya 500 kW, dijadwalkan selesai pada minggu pertama Pebruari mendatang. Percepatan penyelesaian pemeliharaan periodik di PLTD Kebun Kapas dijadwalkan selesai pada minggu kedua Pebruari 2020. Sedangkan pemasangan mesin sewa dan trafo step up dari Manokwari, dijadwalkan kelar pada minggu ketiga Pebruari 2020.

Albert juga menjelaskan bahwa, kondisi sistem kelistrikan PLN Fakfak saat ini, memiliki kemampuan daya sebesar 3,74 MW atau megawatt. Beban pada siang hari, atau kebutuhan daya listrik pada siang hari sebesar 4,29 MW. Sementara beban malam hari sebesar 5,58 MW. Dengan begitu, daya listrik PLN Fakfak masih kurang 1,84 MW. Kekurangan inilah yang memicu terjadinya pemadaman listrik yang dirasakan masyarkat Fakfak lebih kurang tiga bulan ini.

Disinggung permintaan pelanggan Fakfak agar PLN transparan dalam hal jadwal pemadaman listrik, Menejer PLN ULP Fakfak, Musril Kaotjil menyampaikan bahwa, kondisi mesin masih belum 100% normal, sehingga pemadaman masih harus dilakukan.

Terkait hal ini, Albert meminta PLN Fakfak memberikan jadwal dan update jadwal pemadaman, untuk disampaikan kepada masyarakat, agar pelanggan tahu dan bisa mengantisipasi pemadaman listrik.

Salah seorang staf PLN ULP Fakfak, terkait jadwal pemadaman, menyampaikan bahwa, memberikan jadwal pemadaman kepada masyarakat sudah dilakukan.

“Namun ada hal non teknis yang kadang membuat jadwal tersebut tidak bisa diterapkan  sesuai jadwal. Salah satunya, adanya permintaan pelanggan agar listrik di rumah atau lokasinya tidak dipadamkan, ketika ada perayaan pernikahan, perayaan natal, ada kedukaan dan sejenisnya. Padahal, mestinya jalur tersebut listrik dipadamkan. Akhirnya, pemadaman terpaksa dialihkan di jalur lain. Ini sekadar contoh kecil,” ujarnya, sembari meminta namanya tidak disebutkan.

Kekurangan daya listrik, selain disebabkan adanya kerusakan mesin, memang tak luput dari faktor alam pula. Seperti diungkap oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Fakfak, Christian J Ubra.

“Saat rapat dengan Wakil Bupati, Direktur PDAM menyampaikan bahwa, sumber air di Werbah, dari 30 liter/detik, saat ini hanya menghasilkan air 2 liter/detik saja. Sedangkan air besar, dari normal 40 liter/detik, kini kondisinya hanya menghasilka 7 liter/detik. Sedangkan untuk mengalirkan air ke pelanggan, juga diperlukan listrik. Jadi saling terkait,” ujar Christian J Ubra.

Selain memberikan perkiraan jadwal normalisasi listrik, Albert juga jaminan menyangkut pemakaian BBM jenis solar yang dipergunakan PLN Fakfak.

“Saya berani jamin, kami tidak main-main soal solar. Kalau berani main-main solar, habis kita. Untuk saat ini, kebutuhan solar PLN Fakfak lebih kurang 23 kilo liter setiap harinya,” tegas Albert.

Hal ini perlu disampaikan ke publik, mengingat cukup banyak komentar “curiga” di media sosial, apakah solar yang diserap PLN Fakfak, dalam situasi sering padam ini, mengalami penurunan atau tetap.

Membahas masalah listrik di Distrik Bomberay dan sekitarnya yang selama ini dilayani oleh mesin PLN yang di Bomberay, Albert menyampaikan, kedua mesin memang sedang mengalami kerusakan. Meski begitu, dalam waktu tidak lama lagi, 1 mesin akan dinormalisasi. Sedangkan 1 mesin lagi akan diprioritas berikutnya. (cw01)

 

Editor : Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Foto bersama usai Car Free Day

Car Free Day, Upaya Menyatukan Hati

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Car Free Day atau hari tanpa kendaraan yang diterapkan di Jalan Dr. Salasa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>