Home / Headline / BLK Kabupaten Fakfak, Buka Pendaftaran Peserta Pelatihan Untuk 9 Kejuruan Secara Online

BLK Kabupaten Fakfak, Buka Pendaftaran Peserta Pelatihan Untuk 9 Kejuruan Secara Online

Proses pendaftaran peserta pelatihan di UPTD BLK Kabupaten Fakfak. (foto dok IF)
Proses pendaftaran peserta pelatihan di UPTD BLK Kabupaten Fakfak. (foto dok IF)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ 480 orang, ditargetkan mendaftar sebagai peserta pelatihan tahap pertama untuk 9 kejuruan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Fakfak. Meski pendaftaran kali ini dilakukan secara online, bagi pendaftar yang belum paham internet, pihak BLK akan membantu proses pendaftaran tersebut. Demikian disampaikan Kepala BLK Kabupaten Fakfak, Muhammad Awaludin Nur, S.T. kepada media ini, Jumat (17/1) pagi tadi.

“Yang penting, persyaratan pendaftaran seperti KTP asli dan copy, KK asli dan copy, ijasah terakhir asli dan copy, serta 4 lembar foto berlatar belakang warna merah ukuran 3×4, dibawa saat mendaftar. Baik pendaftaran maupun pendidikannya, tidak dikenakan biaya alias gratis,” jelas Awaludin.

Bagi peserta pelatihan, selain mendapatkan seragam praktek, nantinya juga akan mendapatkan pengganti uang transport sebesar 50.000 perhari atau untuk setiap kehadiran peserta.

Muhammad Awaludin Nur, S.T., Kepala UPTD BLK Kabupaten Fakfak
Muhammad Awaludin Nur, S.T., Kepala UPTD BLK Kabupaten Fakfak

Menurut Awaludin, tahun 2020 ini, BLK satunya-satunya di Provinsi Papua Barat tersebut, membuka 9 kejuruan yang ditargetkan diikuti oleh lebih kurang 480 peserta pelatihan.

“9 kejuruan tersebut antara lain pendidikan komputer yang terbagi atas basic office dan perakitan, kejuruan menjahit, instalasi listrik bangunan sederhana, pengelasan, otomotif sepeda motor dan  meubeler. Dan diakhir pelatihan, akan ada uji kompetensi, sehingga peserta yang lulus, benar-benar memiliki keahlian yang kompeten,” ujar pria yang pernah mengikuti pelatihan mengelas di PT PAL Surabaya ini.

BLK Kabupaten Fakfak yang berada di komplek Bandara Torea Fakfak ini, memang baru aktif sejak tahun 2019 lalu. Meski begitu, BLK ini telah dilengkapi dengan perlengkapan pelatihan masing-masing kejuruan  yang memadai dan 15  instruktur yang ahli dibidangnya.

“Dari 15 orang instruktur, 3 orang instruktur ASN dan selebihnya instruktur dari luar, yang memiiki keahlian dibidangnya,” ujar Awaludin.

Lebih jauh Awaludin menjelaskan bahwa, pihaknya tengah mengusulkan dua pondok pesantren, yakni Pondok Pesantren Hidayatulloh di Kampung Sekru dan Pondok Pesantren yang berada di komplek Bandara Torea Fakfak, untuk mengikuti program BLK Komunitas.

Bila disetujui Kementerian Tenaga Kerja RI, maka dua Ponpes tersebut akan mendapatkan bantuan bangunan pelatihan beserta perlengkapannya, dan seorang instruktur yang merupakan santri pondok tersebut, yang dilatih di Jakarta.

“Kalau nilanya, sekitar 1 miliaran. Dan di pondok tersebut nantinya dibuka kejuruan, yang memang diperlukan oleh pondok pesantren tersebut,” ujar Awaludin.

Awaludin berharap, masyarakat semakin mengenal BLK dan menjadikan BLK sebagai tepat menimba pengetahuan dan keterampilan, yang diharapkan dapat menjadi bekal dalam kehidupannya. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Suasana Kopi Morning & Bincang - bincang Milenial di Kampus Polinef

Bincang Milenial Dandim 1803/Fakfak Dengan Mahasiswa Fakfak

INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ Komandan Kodim 1803 Fakfak, Papua Barat, Letnan Kolonel Inf. Yatiman, A.Md., menginisiasi dialog ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>