Home / Headline / Bila Tak Ada “Kerikil”, Jalan Utayoh Diprediksi Mulus, Tapi Benarkah Ada Tekanan Mundur?

Bila Tak Ada “Kerikil”, Jalan Utayoh Diprediksi Mulus, Tapi Benarkah Ada Tekanan Mundur?

Untung Tamsil dan Yohanan Dina Hindom berpose di depan ribuan dukungan KTP yang diperolehknya
Untung Tamsil dan Yohanan Dina Hindom berpose di depan ribuan dukungan KTP yang diperolehknya

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Fakfak dari jalur independen, Untung Tamsil-Yohana D Hindom, diprediksi mampu melenggang hingga mendapatkan nomor urut sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Fakfak, dalam “tarung akbar” Pilkada 2020. Dan benarkah ada tekanan terhadap Untung Tamsil agar mundur dari pencalonannya?

Meski belum masuk tahapan verifikasi KPU, melihat jumlah dukungan kepada pasangan ini, bila tak ada halangan, prediksi ini kemungkinan besar menjadi kenyataan.

Untung Tamsil, S.Sos. M.Si., dalam rilisnya Jumat, 26 Desember 2019 membeberkan jumlah dukungan KTP yang berhasil dikoleksi tim suksesnya.

“Hingga saat ini, tim Utayoh telah berhasil mengumpulkan sebanyak 8.006 dukungan KTP yang tersebar di semua distrik di Kabupaten Fakfak. Dan dukungan ini akan terus bertambah, hingga saat penyerahan ke KPU nanti,” ujar Untung.

Dari data yang ada, dua distrik “gemuk”, seperti Distrik Fakfak dan Distrik Pariwari, bahkan memperoleh dukungan KTP yang berlebih.

Untuk Distrik Fakfak, dari jumlah DPT terakhir sebesar 13.242 pemilih, Utayoh berhasil mengoleksi 2.102 dukungan KTP. Sedangkan untuk Distrik Pariwari, dari jumlah DPT terakhir sebesar 12.278 pemilih, Utayoh berhasil mengumpulkan 2.654 dukungan KTP. Jumlah perolehan dukungan KTP tersebut, telah melampaui angka 10% dari DPT terakhir.

Sementara itu, dari sisa 15 distrik lainnya, tim Utayoh masih “belum aman” di Distrik Fakfak Barat, Kokas, Wartutin, Fakfak Timur, Fakfak Timur Tengah, Mbahamdandara, Kayuni dan Kramongmongga. Pada distrik-distrik tersebut, belasan dukungan KTP masih harus dikumpulkan.

“Dari kekurangan dukungan KTP pada distrik-distrik  tersebut, kami optimis dalam beberapa hari kedepan, akan terpenuhi,” ujar Untung optimis.

Sebenarnya, jumlah keseluruhan dukungan KTP terhadap pasangan ini, telah mencapai 9.795. Namun angka tersebut terpaksa mengalami susut, sebab 1.547 diantaranya ialah dukungan KTP dari ASN yang menurut KPU, tidak diperkenankan memberikan dukungan.

Dalam press release yang juga dihadiri bakal calon wakil bupati, Yohana Dina Hindom tersebut, tim Utayoh sengaja mendisplay beberapa karton yang berisi dukungan KTP. Menurut Untung, hal ini dilakukan untuk menunjukkan secara langsung, bahwa klaim dukungan bukan klaim kaleng-kaleng.

Untung juga menegaskan bahwa, dirinya akan mudur dari jabatan sebagai sekretaris pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak.

“Bulan Peruari 2020 minggu pertama, saya akan mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai sekretaris pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak. Dan sebulan kemudian, saya akan mundur sebagai ASN secara permanen. Hal ini adalah sebagai bukti, bahwa saya yang lahir di Kabaupaten Fakfak ini, sangat serius untuk melakukan perubahan dan membangun Kabupaten Fakfak,” kata Untung disambut tepuk tangan pendukungnya.

Untung Ditekan Mundur Dari Pencalonan?

Untung secara tegas juga menyatakan, pihaknya akan berjuang keras hingga maksimal, untuk mengawal jalannya pesta demokrasi ini. Belum diketahui, apakah pernyataan tegas yang disampaikan berkali-kali ini merupakan rspon atas isu bahwa, Untung Tamsil mendapat tekanan dan diminta mundur sebagai bakal calon bupati dan diiming-imingi akan dilantik sebagai kepala dinas pada kantornya saat ini.

Terkait klaim bahwa pilkada kali ini hanya akan diikuti oleh satu kontestan dan “Si Koko” alias kotak kosong, Untung Tamsil menanggapi hal tersebut biasa saja. Menurutnya, klaim tersebut sah-sah saja dan tidak mengganggu fokus tim Utayoh. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Samaun Dahlan usai mengikuti fit and proper test di DPP PKS selasa (7/1) siang tadi. (foto dok. PKS)

2 Balon Bupati Fakfak Telah Ikuti Fit And Proper Test Di DPP PKS, 2 Balon Lainnya Belum Hadir

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Dua bakal calon atau balon bupati Fakfak yang akan berlaga di Pilkada 2020, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>