Home / Headline / 5 Jam Lagi, Semoga 1 Desember 2019 Terlewati Dengan Situasi Kondusif

5 Jam Lagi, Semoga 1 Desember 2019 Terlewati Dengan Situasi Kondusif

Apel kesiapan dalam rangka menghadapi 1 Desember 2019
Apel kesiapan dalam rangka menghadapi 1 Desember 2019 (dok. IF/wah)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Hingga Minggu, 1 Desember 2019 sore, kondisi Kabupaten Fakfak, Papua Barat,  secara umum dalam kondisi yang kondusif. Berdasarkan pantauan media ini sejak kemarin malam hingga sore ini, belum dijumpai kondisi yang dapat mengganggu keamanan secara serius.

Adapun isu yang menyebutkan adanya upaya rusuh di Pasar Thumburuni, terbukti hanyalah hoaks. Meski begitu, siang tadi, pedagang di lahan parkir Pasar Thumburuni memilih libur tak menggelar dagangannya. Nampaknya, mereka masih trauma pasca kerusuhan 21 Agustus 2019 lalu, yang meluluh-lantakkan pasar terbesar di Fakfak itu.

Informasi terbaru, ada “pergerakan” di Distrik Kayuni dan Kramamongga. Belum diketahui dengan jelas, kegiatan apa, namun aparat keamanan siaga dan meluncur ke lokasi.

Hingga kini, infofakfak.com belum berhasil menghubungi Kapolres Fakfak. AKBP. Ary Nyoto Setaiawan, S.IK., M.H. Sedangkan handphone Iptu. Ilham, Kasat Intel Polres Fakfak juga dalam kondisi off atau berada di lokasi tanpa sinyal HP. Kuat diduga, petinggi keamanan tengah berada di Kramamongga, sehingga tidak bisa dihubungi melalui HP.

Sementara itu, Komandan Kodim 1803 Fakfak, Letnan Kolonel Inf. Yatiman, A.Md., melalui pesan whatsapp menyampiakan belum bisa memberikan informasi, lantaran belum bisa berkomunikasi dengan Kapolres Fakfak.

Secara umum, pengamanan di wilayah Kabupaten Fakfak, terutama di Kota Fakfak, dianggap mencukupi. Ratusan personel dari Polres Fakfak dan jajarannya, personel Kodim 1803/Fakfak dan jajarannya, personel Pos TNI AL Fakfak dan BKO personel Brimob Bintuni, menjamin keamanan Kota Fakfak serta sekitarnya.

Kesiapsiagaan ini tergambar dalam apel kesiagaan aparat keamanan yang digelar di halaman Mapolres Fakfak Sabtu, 30 Novemver 2019 sore kemarin.

Dalam arahannya, Kapolres Fakfak. AKBP. Ary Nyoto Setaiawan, S.IK., M.H. mengatakan, “Menyikapi kalender kamtibmas yaitu pada tanggal 1 Desember sebagai HUT KNPB, untuk itu kita akan melaksanakan patroli gabungan baik Polres Fakfak, TNI dan BKO Brimob Bintuni, untuk melakukan patroli di wilayah hukum Polres Fakfak, guna meminimalisir segala bentuk gangguan keamanan pada pada tanggal 01 Desember 2019,”

Salah seorang sumber di Kantor PLN ULP Fakfak, sore tadi membenarkan bahwa, Sabtu malam, ada beberapa warga dari Kampung Tanama yang mendatangani Kantor PLN dan meminta agar listrik di Kampung Tanama dihidupkan. Akhirnya, pihak PLN menyalakan listrik di kampung tersebut, sebagai upaya membantu pengamanan kampung yang merupakan kampung pintu masuk kota Fakfak.

“Mereka datang meminta agar listrik di Kampung Tanama dinyalakan, sebab menjelang 1 Desember. Dan PLN sudah menyalakan listrik disana, setelah memastikan pasokan listrik mencukupi. Tidak ada keributan, sebab polisi juga sudah berjaga-jaga di Kantor PLN,” ujar sumber.

 

Turnamen futsal piala Koamnadan Kodim 1803/Fakfak
Turnamen futsal piala Komandan Kodim 1803/Fakfak

Berbagai upaya sebagai bagian dari cipta kondisi dalam mengantisipasi HUT KNPB Minggu ini, sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Selain turnamen futsal, juga ada lomba drum band yang dilakukan Sabtu kemarin.

Lomba drumband memperebutkan piala Kapolres Fakfak
Lomba drumband memperebutkan piala Kapolres Fakfak

Diharapkan, kegiatan yang menyedot perhatian masyarakat ini, dapat mengalihkan perhatian masyarakat dari kegiatan yang tidak baik. (*)

Reporter : Ayu, Wahyu

Editor : Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kedatangan 67 personel Brimob asal Sorong, Selasa pagi tadi

Tambahan 67 Personel Brimob Sorong Tiba Di Fakfak, Perkuat Brimob Terdahulu

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Sebanyak 67 personel Brimobda Papua Barat yang bermarkas di Sorong,  Selasa, 03 Desember ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>