Home / Headline / Seribuan Orang Mengikuti Parade Kesehatan Dan Senam Massal Di Fakfak

Seribuan Orang Mengikuti Parade Kesehatan Dan Senam Massal Di Fakfak

Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas, memberangkatkan peserta parade kesehatan  dalam rangkaian peringatan HKN ke 55 tahun 2019
Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas, memberangkatkan peserta parade kesehatan dalam rangkaian peringatan HKN ke 55 tahun 2019

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Seribuan orang dari berbagai komponen masyarakat, mengikuti parade kesehatan dan senam massal yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Papua Barat, sebagai bagian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional atau HKN ke 55 pada Jumat, 08 November 2019, pagi kemarin.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas; Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md; Kapolres Fakfak, AKBP. Ary Nyoto Setiawan, S.I.K., M.H.; Ketua Pengadilan Negeri Fakfak, Thobias Benggian, S.H.; Kepala Dinas  Kesehatan, Gondo Suprapto S.K.M, M.Si.; Kepala Dinas Pendidikan, Hermanto Hubrouw; Kepala Dinas Koperasi UKM, Yohana Hindom; para perwira TNI-Polri, pimpinan OPD, organisasi wanita, pegawai Puskesmas se Kabupaten  Fakfak, pelajar SD, SMP, SMA dan komponen masyarakat lainnya.

Kegiatan tersebut diawali dengan melaksanakan jalan santai yang dilepas oleh Bupati Fakfak dengan start di  depan SMK Yapis, Jln. Pelopor dan  finish di Gedung Fakfak Tenis Center. Dilokasi ini,  selanjutnya peserta melaksanakan senam sehat bersama dan goyang “Kaka Enda”.

Bupati Fakfak Dr Drs Muhammad Uswanas M.si  pada peringatan hkn ke 55 mengatakan untuk meningkatkan kesehatan kita maka perlu dilakukan senam dalam berbagai kegiatan agar dapat mencerahkan pikiran kita.

“Senam-senam perlu digiatkan lagi dari waktu ke waktu dalam setiap kegiatan, agar dapat meningkatkan kesehatan kita dan mencerahkan pikiran kita,” ujar Bupati di hadapan peserta jalan santai di FTC.

Menurut Bupati, kegiatan senam dalam setiap kegiatan dapat dilakukan mulai dari Polres Fakfak, Kodim 1803 Fakfak, Kejaksaan Negeri Fakfak dan Pengadilan Negeri Fakfak. Sedangkan hadiahnya, akan disiapkan Bupati..

Letkol Inf. Yatiman, A.Md., Dandim 1803/Fakfak  dan AKBP. Ary Nyoto Setiawan, S.I.K., M.H., Kapolres FakFak, dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut.  Menurut Dandim dan Kapolres, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk peningkatan Kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto, S.K.M., M.Si. mengatakan, ”Tujuan dari pembentukan kader kesehatan adalah, untuk menyukseskan pembangunan nasional di bidang kesehatan, dimana prinsip dari pelayanan kesehatan menunjukkan bahwa, masyarakat bukan objek akan tetapi masyarakat adalah subjek dari suatu pembangunan nasional. Adapun Fungsi kader kesehatan adalah melaksanakan sejumlah kegiatan yang ada di lingkungannya, yang sifatnya sederhana, akan tetapi juga harus berguna untuk masyarakat dan kelompok, seperti menjadi relawan dalam memberikan informasi kesehatan yaitu sebagai penyedia informasi status kesehatan masyarakat kepada petugas kesehatan, melakukan pemberian obat cacing, diare, larutan gula garam dan lain-lain,”

Kader kesehatan diharapkan juga mampu melakukan kegiatan penimbangan bayi dan balita, serta memberikan penyuluhan tentang gizi masyarakat secara rutin. (*)

Reporter : Ayu

Editor : Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Foto bersama usai apel besar HKN ke 55 tahun 2019

Puncak Peringatan HKN Ke 55 Diperingati Dengan Apel Besar

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 yang jatuh pada 12 November 2019, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>