Home / Headline / KPU Fakfak Sosialisasikan PKPU Nomor 15 Tahun 2019

KPU Fakfak Sosialisasikan PKPU Nomor 15 Tahun 2019

KPU kabupaten Fakfak gelar sosialisasi PKPU 15 tahun 2019
KPU Kabupaten Fakfak gelar sosialisasi PKPU 15 tahun 2019

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ KPU Kabupaten Fakfak, Senin (04/11), mensosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum atau PKPU nomor 15 tahun 2019. PKPU ini, memuat tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa, S.P., menerangkan bahwa, pemahaman tentang PKPU ini sangat penting, salah satunya, dalam PKPU ini diatur masalah jadwal penyelenggaraan Pilkada.

“Mohon diperhatikan masalah waktu atau jadwal, sehingga tahapan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Sedangkan komisioner KPU Provinsi Papua Barat Divisi Teknis Penyelenggara, Paskalis Semunya, S.Sos. menjelaskan, sosialisasi PKPU nomor 15 tahun 2019, lebih banyak mengulas masalah tahapan Pilkada 2020, utamanya terkait jadwal atau waktu dan tahapan Pilkada serentak 2020, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan Pilkada nanti

“Untuk para calon, baik calon yang melalui jalur partai politik maupun jalur perseorangan, agar memperhatikan betul syarat dukungannya. Untuk syarat calon dari jalur partai politik, syarat minimal adalah 4 kursi atau 20% dari jumlah kursi di DPRD di daerah itu. Sedangkan untuk calon dari jalur persorangan, perhatikan dengan baik syarat minimal adalah 10% dari jumlah DPT dan untuk di Fakfak, dukungan menyebar di 9 distrik. Jangan sampai ada dobel KTP dukungan. Nanti akan bermasalah saat verifikasi,” ujar Paskalis.

Paskalis berharap, Pilkada di Kabupaten Fakfak dapat berjalan damai  dan tanpa sengketa, karena hal tersebut menunjukan kedewasan dari peserta dan profesionalitas penyelenggara Pilkada, dalam hal ini KPU Kabupaten Fakfak.

kpu 2

Menurutnya, KPU Kabupaten Fakfak dan masyarakat Fakfak, harus belajar dari pengalaman pada Pilkada sebelumnya, dimana saat itu delapan komisioner diberhentikan

“Itu pengalaman yang menjadi pukulan telak bagi KPU. Dan KPU Provinsi tidak akan mengulangi kesalahan itu lagi pada Pilkada 2020. Karena itu, tugas KPU Provinsi Papua Barat ialah melakukan asistensi sehingga KPU di daerah, dapat  melaksanakan Pilkada dengan baik dan bertanggungjawab,” ujar Paskalis.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor KPU Kabupaten Fakfak ini, selain dihadiri oleh pimpinan partai politik, juga dihadiri oleh beberapa calon bupati serta tim suksesnya yang telah mendaftar melalui partai politik, diantaranya ialah, Drs. Donatus Nimbitkendik, M.T.P., Untung Tamsil, S.Sos. M.Si., dan H. Khaerudin.

Donatus Nimbitkendik, dikenal sebagai mantan wakil bupati Fakfak periode 2010-2015. Uintung Tamsil, saat ini masih berstatus sebagai ASN, yakni sebagai Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak. Sedangkan H. Khaerudin merupakan pengusaha muda di Kabupaten Fakfak. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Herman Nur Pongoh, Ketua Tim Penjaringan Calon Wakil Bupati bagi Donatus Nimbitkendik

Info Terkini, Donatus Nimbitkendik Menjaring Calon Wakil Bupati Lewat Jalur Perseorangan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Drs. Donatus Nimbitkendik, M.T.P. yang namanya sering muncul sebagai bakal calon bupati Fakfak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>