Home / Headline / H. Chairudin Pawiloy, “Pengakuan sebagai anak adat bukan karena alasan politik,”

H. Chairudin Pawiloy, “Pengakuan sebagai anak adat bukan karena alasan politik,”

H. Chairudin Pawiloy Hobrow Namudat
H. Chairudin Pawiloy Hobrow Namudat

INFOFAKFAK.COM, PARIWARI_ Salah seorang kandidat bupati yang akan maju pada Pilkada 2020, H. Chairudin A Pawiloy, S.E., Jumat (22 November 2019), mendapat pengakuan sebagai anak adat dan diakui sebagai keluarga besar marga Namudat. Dengan pengakuan ini, namanya berubah menjadi Chairudin Pawiloy Hobrow Namudat.

Namun pengakuan ini, menurut Haji Muda, panggilan Chairudin, tidak ada kaitannya dengan alasan politik.

“Saya berterima kasih kepada keluarga besar Pawiloy dan Namudat, sehingga saya diakui sebagai keluara Namudat. Dan saya sampaikan bahwa, pengakuan ini tidak ada kaitannya dengan alasan politik. Sebab saya lahir dan besar di tanah Namudat. Kedepan, anak saya akan saya beri nama marga Namudat,” urai Chairudin.

Menurut Chairudin, dirinya sejak kecil telah bersama keluarga Karas Namudat yang mengangkatnya sebagai anak. Juga menjadi anak angkat imam Masjid Raya baitul Makmur, almarhum H. Afifi Kadmas.

Chairudin mengaku bahwa dirinya akan memperjuangkan hak-hak keluarga besarnya, yakni masyarakat Fakfak, untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Dengan adanya pengakuan sebagai anak adat ini, berarti sudah ada dua kandidat bupati yang diakui sebagai bagian dari masyarakat adat.

Pada Sabtu, 19 Desember 2015 lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos., M.A.P., juga diakui sebagai masyarakat adat Mbaham Matta, bersama lima pejabat Muspida saat itu.

Samaun Dahlan bersama lima pejabat Muspida saat itu, dikukuhkan sebagai masyarakat adat Mbaham Matta oleh Ketua Dewan Adat Mbaham Matta, Sirzet Gwas Gwas, yang dilangsungkan di Kantor Dewan Adat Mbaham Matta. (*)

 

Reporter: Ayu

Editor: Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Masjid As Sultan, diharapkan selesai sebelum bulan Ramadhan

Masjid As Sultan Di Dinas PUPR DItargetkan Selesai Sebelum Bulan Ramadhan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Masjid As Sultan, yang saat ini sedang dalam pengerjaan, ditargetkan selesai sebelum bulan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>