Home / Headline / Aplikasi SISADAP Dinas Kelautan Dan Perikanan Fakfak Segera Bisa Dimanfaatkan

Aplikasi SISADAP Dinas Kelautan Dan Perikanan Fakfak Segera Bisa Dimanfaatkan

Untung Tamsil, Sekretaris DKP dan Dody Firmansyah
Untung Tamsil, Sekretaris DKP dan Dody Firmansyah

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Fakfak, sejak Jumat kemarin (1/11) hingga sore tadi, melakukan sosialisasi dan bimbingan teknik, terkait applikasi SISADAP atau Sistem Satu Data Perikanan Kabupaten Fakfak.

Dilaksanakan di Kantor DKP Kabupaten Fakfak, Kegiatan yang bekerjasama dengan Kreasi Media, Bogor ini, diikuti oleh staf DKP Kabupaten Fakfak, yang nantinya akan bertindak sebagi administrator aplikasi tersebut.

SISADAP merupakan aplikasi berbasis website dan bisa diakses melalui android, yang berisi tentang segala informasi tentang data kelautan dan perikanan di Kabupaten Fakfak. Demikian disampaikan oleh Dody Firmansyah, pimpinan Kreasi Media saat dijumpai media ini di Kantor DKP Kabupaten Fakfak Sabtu sore tadi.

“Jadi dengan SISADAP, maka pemerintah dalam hal ini DKP Kabupaten Fakfak, bisa dengan mudah mengelola dan mengetahui potensi kelautan dan perikanan, sebagau dasar untuk mengambil keputusan atau kebijakan. Sedangkan bagi masyarakat maupun investor, SISADAP akan sangat membantu dalam mengetahui potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Fakfak, serta memudakan untuk membuat dokumen yang dibutuhkan, seperti dokumen SKA atau Surat Keterangan Asal. Cukup melalui aplikasi ini, dokumen yang disetujui bisa langsung didapat,” urai Dody.

Sementara itu, Sekretaris DKP kabupaten Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos. M.Si. menjelaskan bahwa, memang sudah saatnya pemerintah daerah, mengembangan sebuah aplikasi yang bisa membantu dalam menentukan kebijakan, serta sebagai acuan bagi masyarakat serta investor perikanan, untuk mengembangkan usahanya, secara mudah dan cepat.

1

“Penerapan SISADAP ini akan ditindaklanjuti dengan menginput segala informasi kelautan dan perikanan Kabupaten Fakfak. Saat ini sudah on, dan akan terus dilakukan input informasi yang diperlukan oleh masyarakat,” jelas Untung, yang saat ini lebih dikenal dengan panggilan UT, sebagai singkatan namanya terkait pencalonan dirinya sebagai calon bupati Fakfak pada Pilkada 2020 mendatang.

Lebih lanjut Untung menjelaskan, ada lebih dari 20 fitur dalam aplikasi ini, yang kesemuanya secara bertahap, akan bisa diakses melalui android.

“Kami targetkan, awal tahun depan aplikasi ini sudah bisa diakses secara penuh melalui HP android, sehingga akan memudahkan masyarakat mengetahui potensi perikanan. Contoh, investor akan mengetahui seberapa besar potensi kepiting di Kampung Mandoni,” ujar Untung. “Juga informasi potensi ikan terbang,” imbuhnya.

Menurut Untung, kelompok-kelompok nelayan juga akan bisa memantau perkembangan bantuan bagi kelompok mereka. Termasuk siapa yang belum mendapatkan bantuan dan kelompok mana yang sudah mendapat bantuan. Sehingga, dengan aplikasi ini akan dapat dihindari dobel pemberian bantuan.

Pasca sosialisai dan bimtek aplikasi SISADAP ini, pihak DKP Kabupaten Fakfak akan terus melakukan update atau pembaruan data. Sehingga informasi yang disajikan dalam aplikasi ini, merupakan informasi terkini. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Foto bersama seusai penyerahan bantuan CSR  BRI sebesar125 juta kepada wakil masyarakat Kampung Pirma

BRI Peduli Kucurkan Dana CSR Bina Lingkungan Sebesar 125 Juta Di Kampung Pirma

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK TENGAH_ BRI Cabang Fakfak, Sabtu, 16 November 2019, mengucurkan dana CSR Bina LIngkungan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>