Home / Headline / Serius Bangun Pasar Thumburuni, Pusat Turunkan Tim Kementerian PUPR Dan Kementerian Perdagangan

Serius Bangun Pasar Thumburuni, Pusat Turunkan Tim Kementerian PUPR Dan Kementerian Perdagangan

Tim Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan meninjau Pasar Thumburuni
Tim Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan meninjau Pasar Thumburuni

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Setelah tim dari Kementerian PUPR melakukan survey investigasi Pasar Thumburuni pada Selasa (8/10) lalu, Rabu (9/10) esoknya, Pasar Thumburuni kembali dikunjungi tim Kementerian PUPR dan tim Kementerian Perdagangan. Gabungan tim ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran riil kondisi Pasar Thumburuni, pasca kebakaran akibat kerusuhan pada 21 Agustus 2019 lalu.

Dalam kunjungan kedua ini, Kiagoos Egie Ismail, ST., M.T., Kepala Sub Bidang Pelaksanaan Wilayah Timur II, Pusat Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan Olahraga dan Pasar – Dirjen Cipta Karya dan dua orang dari Kementerian Perdagangan, yaitu Sutrisno, STP., M.T. dan Feri Prayogi, S.T. dari Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik, didampingi oleh Plh. Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Yakobus Tandung, S.T. dan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Liza Neirasari, S.T. serta stad dari Dinas Perdagangan Kabupaten Fakfak.

Dalam kunjungan kali ini, Kiagoos Egie Ismail, ST., M.T. menjelaskan, pihaknya akan menyampaikan hasil pandangan mata serta kondisi existing bangunan kepada pimpinan, sebagai langkah tindak lanjut untuk segera dilakukan penanganan.

“Kami akan menyampaikan laporan kepada pimpinan, terkait kondisi Pasar Thumburuni, sehingga diharapkan segera ada penanganan,” ujarnya.

Menurutnya, terkait status kondisi bencana sosial Pasar Thumburuni Fakfak, masih belum dapat dikategorikan apakah termasuk bencana sosial regular atau darurat, karena masih membutuhkan kajian lebih lanjut.

Sedangkan Sutrisno, STP., MT dari Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik Kementerian Perdagangan menjelaskan, melihat dari data jumlah pedagang, operasional harian dan jumlah luas lahan, Pasar Thumburuni Fakfak tergolong pasar bertipe A.

“Termasuk pasar tipe A, karena jumlah pedagangnya diatas 500 pedagang, operasional tiap hari dan luas lahannya diatas 5.000 m2. Untuk kategori pembagian tipe pasar dapat dilihat di dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 37/M-DAG/PER/5/2017 tentang Pedoman Pembangunan Dan Pengelolaan Sarana Perdagangan,” ujar Sutrisno.

Selain melakukan tinjauan ke Pasar Thumburuni Fakfak, Tim selanjutnya meninjau kondisi SPAM yang berada di Distrik Kokas dan Teluk Patipi. Tim melihat dari dekat, kondisi SPAM tersebut, dan diharapkan, dengan adanya SPAM tersebut, kebutuhan air bersih bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik. (*)

Reporter : Ayu

Editor : Wahyu Hidayat

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Foto bersama seusai penyerahan bantuan CSR  BRI sebesar125 juta kepada wakil masyarakat Kampung Pirma

BRI Peduli Kucurkan Dana CSR Bina Lingkungan Sebesar 125 Juta Di Kampung Pirma

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK TENGAH_ BRI Cabang Fakfak, Sabtu, 16 November 2019, mengucurkan dana CSR Bina LIngkungan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>