Home / Headline / KPU Fakfak Tetapkan 5.179 Adalah Jumlah Dukungan Minimum Bagi Calon Perseorangan

KPU Fakfak Tetapkan 5.179 Adalah Jumlah Dukungan Minimum Bagi Calon Perseorangan

Ayo sukseskan Pilkada Kabupaten Fakfak 23 September 2020
Ayo sukseskan Pilkada Kabupaten Fakfak 23 September 2020

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Selain menggunakan jalur dukungan dari partai politik, untuk mencalonkan diri sebagai pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Fakfak pada Pilkada tahun 2020, juga bisa menempuh jalur lain, yakni jalur perseorangan atau independen.

Dihuru Dekry Radjaloa, S.P., Ketua KPU Fakfak menyatakan, calon kepala daerah atau calon bupati dan calon wakil bupati Fakfak  yang menempuh jalur perseorangan atau independen, harus memenuhi syarat minimum sebanyak 10% dari jumlah DPT, atau sebanyak 5.179 dukungan.

“Jika memilih jalur independen, harus mencari dukungan KTP sebanyak 10 persen dari jumlah DPT. Untuk  DPT Kabupaten Fakfak pada Pilpres lalu sebanyak 51.783 pemilih, sehingga 10%nya adalah 5.178,3. Kita bulatkan, maka menjadi 5.179 dukungan KTP,“ terang Dekry saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat (25/10) sore. “Selain itu, sebaran dukungan KTP harus menyebar dilebih dari 50% jumlah distrik. Artinya, KTP harus berasal dari 9 distrik, dari 17 distrik yang ada di Kabupaten Fakfak,“ tambahnya.

Menurut Dekri, aturan tersebut mengacu pada Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 2096 tahun 2019 tertanggal 22 Oktober 2019, terkait Pedoman Jumlah Pemilih Dalam DPT dan Sebarannya, yang menjadi syarat penentuan batas minimun persyaratan dukungan calon perseorangan atau independen.

Dari nama-nama calon bupati atau calon wakil bupati yang sudah diketahui umum saat ini, pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Fakfak yang telah bekerja keras untuk mendapatkan dukungan KTP adalah pasangan Untung Tamsil dan Yohana Hindom. Sedangkan calon lain belum terlihat tanda-tanda berburu KTP. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Herman Nur Pongoh, Ketua Tim Penjaringan Calon Wakil Bupati bagi Donatus Nimbitkendik

Info Terkini, Donatus Nimbitkendik Menjaring Calon Wakil Bupati Lewat Jalur Perseorangan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Drs. Donatus Nimbitkendik, M.T.P. yang namanya sering muncul sebagai bakal calon bupati Fakfak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>