Home / Fakfak News / Ekonomi / Angka 1.021 Pedagang Akan Direvisi

Angka 1.021 Pedagang Akan Direvisi

Suasana verifikasi pedagang Pasar Thumburuni
Suasana verifikasi pedagang Pasar Thumburuni

INFOFAKFAK.COM_ Jumlah pedagang Pasar Thumburuni yang terdampak kebakaran sebanyak 1.021,  akan direvisi. Hal ini ditegaskan Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas dalam pertemuan Bupati dan Forkompimda dengan para pedagang Pasar Thumburuni, yang dilaksanakan di Lapangan KONI Fakfak,pada Jumat (20/9) pagi.

“Jumlah 1.021 itu banyak sekali. Dan setelah diverifikasi kembali, ternyata tinggal 933 pedagang. Yang jual sayur mayur, terdata 602 orang. Saya tidak percaya dan tidak yakin jumlah pedagang sampai seribu orang lebih. Untuk itu, harus diverifikasi kembali,” ujar Bupati.

Secara logika, menurut Bupati, jika pedagang sayur saja sebanyak 602 orang, mestinya sayur mayur di Fakfak melimpah. Jika jumlah pedagang mencapai 1.021 orang, maka jumlah pengunjung pasar akan tumpah ruah.

Bupati meminta, kedepan agar diperhatikan adanya pedagang keluarga. Artinya, dari bapak hingga anak mendapat jatah tempat. Bupati meminta agar jika mereka berada dalam satu kartu keluarga, hanya boleh mendapat satu jatah tempat, sebab akan diperuntukkan bagi keluarga lainnya.

Bupati mencurigai adanya pedagang tidak tetap, yang justru menyewakan atau menjual lapak yang dimilikinya kepada pedagang lain. Demikian seterusnya, sehingga jumlah pedagang yang terdata menjadi banyak.

Bupati juga meminta agar Senin (23/9), sebagian pedagang yang kini menempati lokasi parkir eks Pasar Thumburuni, sudah bisa dipindahkan ke Pasar Ikan di Tanjug Wagom.

“180 orang duluan. Kekurangannya akan segera dipenuhi, sambil menunggu pembangunan pasar yang baru. Pasar darurat ini akan berjalan satu tahun. Terminal juga dirombak dan menjadi bagian dari pengembangan pasar yang baru nantinya,” jelas Bupati yang meraih gelar doktornya dari UGM ini.

Dengan serius, Bupati juga mengingatkan agar jangan ada perjudian lagi di pasar.

“Tobat sudah. Jangan sampai Alloh memberi teguran lagi. Pasar terbakar itu adalah teguran. Itu kuwalat. Pamali,” tandas Bupati.

Terkait jumlah pedagang, Fahrul, koordinator pedagang lantai 2 dan lantai 3 menjelaskan bahwa, ruang dagang (toko) dan emperan di lantai 3 berjumlah 49 toko. 46 toko di lantai 2.

“Sedangkan pedagang di pelataran lantai 3 berjumlah 85 orang, dan di pelataran lantai 2 berjumlah 93 orang. Sehingga total berjumlah 275 orang pedagang. Ini jumlah riil,” jelas Fahrul.

Ketua tim penataan pasar, Charles Kambuh, mengaskan bahwa, 180 pedagang yang akan menempati Pasar ikan di Tanjung Wagom, akan diundi, untuk menghindari kecemburuan dalam mendapatkan lokasinya.

“180 orang akan diundi untuk masuk Pasar Ikan. Nantinya, didalam pasar akan ditempatkan sekitar 50 orang di meja batu. Selebihnya diluar sampai genap 180 orang,” jelas Charles.

Lebih lanjut Charles menjelaskan bahwa, pembangunan pasar baru nantinya, akan menjadikan pasar tersebut sebagai sentral Fakfak. Arus lalu lintas dimodifikasi melewati pasar tersebut, sehingga orang tahu gambaran Fakfak melalui keberadaan pasar tersebut. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Bupati Fakfak, Mohammad Uswanas meresmikan pengoperasian pesawat perintik milik Rimbun Air

Diresmikan Bupati Fakfak, Rimbun Air Justru Belum Layani Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Bupati Fakfak, Drs. Mohammad Uswanas, M.Si., Senin (08/10) pagi,  meresmikan pengoperasian pesawat twin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>