Home / Headline / Siapakah Pemilik Kursi Di Kanan Kiri Siti?

Siapakah Pemilik Kursi Di Kanan Kiri Siti?

Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa menyaksikan wakil Parpol menandatangani BAP
Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa menyaksikan wakil Parpol menandatangani BAP penetapan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ KPU Fakfak, Papua Barat, Selasa (13/8) pagi, menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih  Tingkat Kabupaten Fakfak Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019. Dengan dihelatnya rapat yang berakhir hingga maghrib ini, berarti tugas KPU Fakfak dalam menyelenggarakan Pemilu 2019  bisa dikatakan telah final.

Dalam penetapan tersebut, Partai Golongan Karya bertahan di posisi puncak dengan memperoleh kursi terbanyak, yakni 4 kursi, yang diraih oleh Siti Rahma Hegemur, S.T., yang juga berhasil mendapatkan suara terbanyak, yakni 1.879 suara. Kursi Golkar berikutnya diduduki oleh Markus Krispul, Drs. Isak Patanduk dan Abdul Gani Ishak Bauw.

Sementara itu, perolehan suara parpol berikutnya, diraih oleh Partai Nasdem yang berhasil menghimpun 3 kursi, masing-masing diduduki oleh Samaun Hegemur, S.E., Marselus Rahamitu, S.Pt. dan Wislon Sony Hegemur. Sedangkan PKB atau Partai Kebangkitan Bangsa, memperoleh 2 kursi, yang dipegang oleh Iskandar Tassa, A.Md.T. dan Usman Rengen, S.Sos.

Perolehan 2 kursi, diraih oleh PKS yang mendudukkan Muhamad Amin Samay, S.AP., dan Murdono. Gerindra melenggang ke parlemen dengan Amir Rumbaouw, S.T. dan Muhamad Rusdy Faruk. Serta PDI perjuangan yang mendudukkan Yoan Klarce Yotlely dan Steven Tigtigweria.

Melihat komposisi tersebut, menarik untuk disimak, siapakah yang akan menduduki kursi yang tersedia di samping kanan dan kiri Siti Rahmah Hegemur, yang dipastikan akan memegang palu demokrasi DPRD Kabupaten Fakfak.

iklan-JNE-Fakfak

Peluang untuk menduduki kursi samping kanan ketua DPRD terpilih, tentu bakal diduduki oleh polisiti Nasdem. Semaun Hegemur memperoleh 890 suara sah, sedang Wislon Sony Hegemur mendapat 714 suara. Belum diketahui, siapa yang duduk mendampingi ketua DPRD.

Sementara itu, peluang untuk menduduki kursi samping kiri ketua DPRD terpilih dari PKB, masih menjadi tarik ulur internal partai tersebut. Perolehan suara Iskandar Tasya dan Usman Rengen yang sama persis, yakni 509 suara, menjadi dodol panas.

Perihal ini, Ketua DPC PKB Kabupaten Fakfak, Ramlan Pelu menegaskan bahwa, Iskandar Tasya adalah kader yang akan menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Fakfak. Menurutnya, Iskandar Tasya adalah pengurus PKB Kabupaten Fakfak dan merupakan kader PKB, sehingga sesuai dengan edaran dari DPP PKB kepada DPW dan DPC PKB seluruh Indonesia.

  “Pernyataan yang tidak mendukung sikap DPC PKB Fakfak merekomendasikan Iskandar Tassa masuk unsur pimpinan DPRD, tidak berdasar dan tidak paham mekanisme organisasi PKB,” tegas Ramlan Pelu, S.Ag. kepada wartawan disela-sela rapat di KPU kemarin.

Ramlan Pelu menegaskan, segala urusan organisasi yang terkait dengan PKB Fakfak, maka Ketua DPC PKB Kabupaten sebagai pemegang kendali organisasi di kabupaten, bertanggung jawab, sehingga untuk persoalan kursi pimpinan menjadi tanggung jawab Ketua DPC PKB Kabupaten Fakfak dan bukan tanggung jawab Abdu Rumkel di DPW PKB Papua Barat.

depedepe-travel

Sebelum menutup rapat pleno, Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa mengingatkan calon anggota dewan terpilih, untuk segera menyerahkan tanda terima LHKPN kepada KPU Fakfak.

“KPU memberikan waktu hingga 7 hari mendatang. Jika tidak menyerahkan, maka pelantikan yang bersangkutan bisa tertunda,” kata Dekry.

Dari rapat pleno ini, dari 16 parpol, 5 partai politik tidak berhasil mendudukkan kadernya di gedung dewan. Kelima parpol tersebut antara lain, PPP, PSI, Parta Berkarya, Partai Garudan dan PKPI. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Herman Nur Pongoh, Ketua Tim Penjaringan Calon Wakil Bupati bagi Donatus Nimbitkendik

Info Terkini, Donatus Nimbitkendik Menjaring Calon Wakil Bupati Lewat Jalur Perseorangan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Drs. Donatus Nimbitkendik, M.T.P. yang namanya sering muncul sebagai bakal calon bupati Fakfak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>