Home / Headline / Ribuan Warga Fakfak Kerja Bhakti Akbar, Bersihkan Area Konflik

Ribuan Warga Fakfak Kerja Bhakti Akbar, Bersihkan Area Konflik

Ribuan warga Fakfak kerja bhakti membersihkan area konflik yang terjadi Rabu, 21 Agustus lalu
Ribuan warga Fakfak kerja bhakti membersihkan area konflik yang terjadi Rabu, 21 Agustus lalu

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Halaman parkir Pasar Thumburuni dan Jalan Salasa Namudat di sepanjang Teluk Thumburuni, sejak Jumat (23/8) pagi tadi, dipenuhi ribuan warga Fakfak. Tak seperti Rabu (21/8) lalu, dimana ribuan massa saling serang dengan bersenjatakan kayu, batu, parang dan benda berbahaya lainnya, kali ini mereka datang membawa sapu, sekop, karung dan perlengkapan kerja lainnya.

Ya, ribuan warga yang berasal dari berbagai latar belakang, serta pedagang terdampak konflik, pagi hingga siang tadi melakukan kerja bhakti, membersihkan area Pasar Thumburuni dan sepanjang Jalan Salasa Namudat.

Selain masyarakat, kerja bhakti ini juga melibatkan seluruh pegawai Pemkab Fakfak, perkantoran, pegawai bank, organisasi masyarakat  serta pasukan Brimob dan Kostrad yang kemarin tiba di Fakfak.

Kerja bhakti terbesar sepanjang sejarah Fakfak ini, selain bertujuan membersihkan sisa-sisa kebakaran, juga ingin menunjukkan, bahwa persatuan dan persaudaraan di Fakfak masih kuat.

20190823_084036_resized

Ali Hindom, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Fakfak dan tokoh Forum Komunikasi Antar Umat Beragama Kabupaten Fakfak, mengingatkan bahwa, konflik ini bukan budaya orang Fakfak. Orang Fakfak selalu mengedepankan musyawarah dan cara cara adat dalam menyelesaikan masalahnya. Ali Hindom menduga adanya provokator dalam peristiwa tersebut.

“Kita tunjukkan bahwa persatuan dan persaudaraan di Fakfak masih kuat. Untuk itu, saya meminta kepada polisi, untuk segera menyelesaikan kasus ini. Harus dicari siapa provokator peristiwa ini, tindak tegas sesuai undang-undang,” tegas Ali.

Kapolres Fakfak, AKBP. Deddy Foury Millewa, S.H., S.IK., M.IK., dalam kesempatan yang sama menegaskan bahwa, polisi tentu akan menegakkan hukum, menindaklanjuti permintaan masyarakat.

“Dalam hal ini, kita memetakan konflik dulu, meredakan situasi dulu, baru penegakan hukum bisa dilaksanakan,” jelas kapolres.

Sebelumnya, tokoh Barisan Pembela Merah Putih, H. Jafar Rumoning, juga menyampaikan permintaan yang sama kepada kepolisian. Bahkan siang ini, mereka akan melakukan demo damai, mendesak polisi bertindak tegas.

 

  • Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kapolres Fakfak, AKBP Deddy Foury Millewa, diapit Wakapolres (kiri) dan KBO Reskrim Polres Fakfak (kanan)

6 Orang Telah Diperiksa Terkait Rusuh 21 Agustus

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Kepolisian Resor Fakfak, Papua Barat, sejak Senin (26/8) kemarin, mulai melakukan pemeriksaan terhadap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>