Home / Headline / Fakfak Menuntut!

Fakfak Menuntut!

Ribuan orang melakukan aksi damai di lapangan area Jl. Salasa Namudat Fakfak, tuntut polisi bertindak tegas
Ribuan orang melakukan aksi damai di lapangan area Jl. Salasa Namudat Fakfak, tuntut polisi bertindak tegas

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Inilah dahsyatnya media sosial. Seruan untuk aksi damai mendesak polisi untuk segera menangkap pengibar bendera bintang kejora dan perusak fasilitas umum yang terjadi pada Rabu (21/8), direspon positif ribuan orang.

Ribuan orang yang menamakan diri Barisan Pecinta Merah Putih, Jumat (23/8) sore, melakukan aksi damai, dengan berjalan kaki dan mengendari motor, menuju lapangan di area reklamasi, yang berlokasi di Jl. Salasa Namudat, Fakfak, Papua Barat.

Di Jl. Salasa Namudat yang memanjang sepanjang Teluk Thumburuni inilah, Rabu lalu, aksi anarkis meluluhlantakkan Pasar Thumburuni, merusak ATM, memecahkan kaca-kaca perkantoran, membakar kendaraan dan membakar Kantor Dewan Adat Mbaham Matta hingga hanya menyisakan tembok saja.

Ratusan bendera merah putih menyertai aksi damai mereka hingga di lapangan area reklamasi. Ada orasi dan harapan yang mengharu biru. Ada pula teriakan melecut semangat mencintai merah putih. Juga, ada tokoh masyarakat serta orang-orang yang gambarnya viral sejak Rabu lalu. inilah aksi damai, dalam bingkai Fakfak menjawab, sekaligus Fakfak melawan.

Tak kurang dua tokoh yang mendesak kepolisian untuk bertindak tegas, agar keadilan serta keamanan tegas menjulang.

Koordinator lapangan aksi damai ini, Rahman Patur, membacakan tiga point tuntutan yang intinya, pertama, meminta kepada kepolisian untuk segera menangkap pelaku pembakaran dan pengrusakan fasilitas umum yang merupakan jantung perekonomian masyarakat Fakfak.

Kedua, meminta polisi segera menangkap pelaku pengibaran bendera bintang kejora yang terjadi di depan Kantor Dewan Adat Mbaham Matta, dan yang terakhir, meminta kepolisian menangkap otak atau provokator dibalik aksi yang berujung anarkis tersebut.

2 OK

Usai membacakan tuntutannya, Rahman Patur menyerahkan selembar surat tuntutan tersebut, kepada Kapolres Fakfak, AKBP. Deddy Foury Millewa, S.H., S.IK., M.IK.

Atas desakan tokoh pemuda, Ketua PC NU dan tokoh FKUB serta massa Barisan Pecinta Merah Putih ini, Kapolres menyatakan akan menindaklanjutinya, sekaligus meminta masyarakat menjaga situasi tetap kondusif.

“Kami bersama tokoh masyarakat, tokoh adat dan para raja, merumuskan langkah-langkah kedepan. Kami mohon masyarakat mempercakan tindakan hukum kepada kepolisian, sehingga kondisi ini bisa dipertahankan. Sebab, bila kondisi tidak stabil, maka penegakan hukum tidak bisa dilaksanakan,” ujar Kapolres.

Demi menjaga situasi Kota Fakfak tetap aman dan kondusif, massa yang sediakan akan melakukan long march keliling kota, memilih untuk membubarkan diri.

*Wahyu Hidayat

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Bahman S Mokoginta, S.Sos., M.Si., Kepala Bidang Aset DPPKAD Kabupaten Fakfak (kiri). / (dok. ist)

Tahun 2020 Masyarakat Bisa Ikut Lelang Aset Daerah, Dominasi Pejabat Terpinggirkan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Mungkin kita pernah mendengar kalimat, pejabat mendapatkan pemutihan atas aset daerah yang mereka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>