Home / Headline / Besok, 1 Penyelam Wanita Turut Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 74 Meter Di Dasar Laut

Besok, 1 Penyelam Wanita Turut Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 74 Meter Di Dasar Laut

Untung Tamsil, Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak
Untung Tamsil, Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ 41 orang dilibatkan dalam membentuk formasi 74 di permukaan laut, yang merupakan angka logo HUT RI ke 74 tahun ini. Hal ini nampak saat gladi bersih upacara pengibaran bendera merah putih yang dilakukan di area wisata Pantai Indah Fakfak, yang bersebelahan dengan Taman Satu Tungku Tiga Batu, di Jl. Dr. Salasa Namudat, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Untung Tamsil, S.Sos. M.Si., yang merupakan Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak yang juga panitia bidang seni, pada panitia peringatan HUT RI tingkat kabupaten menyampaikan bahwa, gladi bersih tersebut merupakan persiapan menggelar upacara memperingati HUT RI ke 74 di Pantai Indah Fakfak, Sabtu (17/8) pagi besok.

“Disini, kami besok juga menggelar upacara, bersamaan waktunya dengan detik-detik proklamasi yang dilaksanakan di Stadion 16 November,” jelas Untung. “Usai upacara yang dilanjutkan tabur bunga di TMP Tunas Onim, diharapkan Bupati Fakfak beserta rombongan, dapat hadir disini untuk menyaksikan pembentangan kain merah putih sepanjang 74 meter di dasar laut, yang dilakukan oleh penyelam-penyelam Fakfak dan luar kota,” tambahnya.

iklan-JNE-Fakfak

1 Penyelam Wanita Turut Bentangkan Kain Merah Putih 74 Meter

Pembentangan kain merah putih sepanjang 74 meter yang merupakan jumlah tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 ini, akan dilakukan oleh 15 penyelam, baik penyelam dari Fakfak maupun dari kota lain. Bahkan, 1 dari 5 penyelam asal Ternate, adalah penyelam wanita.

Selain itu, turut berpartisipasi pula penyelam dari Kabupaten Kaimana dan Sorong. Sedangkan lainnya, adalah penyelam dari Kampung Rumbati, Arguni, Ugar, Pantai Raja dan Prayogo Iha dari Kokas, yang merupakan leader tim penyelam ini.

Menurut Untung, pembentangan kain merah putih sepanjang 74 meter tersebut merupakan upaya mengingatkan kita semua, bahwa perjuangan merebut kemerdekaan tanah air adalah sejarah yang tidak boleh dilupakan.

Selain itu, pembentangan kain merah putih di dasar laut, juga bisa diartikan bahwa, perjuangan merebut kemerdekaan, juga dilakukan di lautan dan perairan di seluruh Indonesia.

Selain menyaksikan pembentangan kain merah putih tersebut, Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas, direncanakan akan menyerahkan sertifikat konservasi dan menyerahkan 1 unit perahu lengkap dengan mesinnya.

“Sebagai bagian dari Provinsi Papua Barat yang merupakan provinsi konservasi, kegiatan pembentangan merah putih ini juga dimaksudkan sebagai dukungan Fakfak atas status provinsi konservasi tersebut,” pungkas Untung. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Kapolres Fakfak, AKBP Deddy Foury Millewa, diapit Wakapolres (kiri) dan KBO Reskrim Polres Fakfak (kanan)

6 Orang Telah Diperiksa Terkait Rusuh 21 Agustus

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Kepolisian Resor Fakfak, Papua Barat, sejak Senin (26/8) kemarin, mulai melakukan pemeriksaan terhadap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>