Home / Headline / 9 Napi Bebas, Rekor Baru Lapas Fakfak

9 Napi Bebas, Rekor Baru Lapas Fakfak

Suasana upacara HUT RI di Lapas Fakfak
Suasana upacara HUT RI di Lapas Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak pihak. Salah satunya adalah penantian para narapidana atau napi yang berharap mendapat remisi atau melenggang bebas.

Pada upacara memperingati HUT RI ke 74 tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapas Fakfak Sabtu (17/8) pagi, terdapat 2 orang napi yang langsung bebas setelah mendapatkan remisi. Ditambah lagi, 7 napi yang juga menyusul bebas, lantaran pemberian remisinya, pas dengan masa napi yang bersangkutan mendapatkan pembebasan bersyarat atau PB, atau mendapatkan CB (cuti bersyarat). Demikian dijelaskan Kepala Lapas Fakfak, H. Heru.

“Dengan adanya 9 orang napi yang bebas dalam momen kemerdekaan ini, jumlah tersebut merupakan rekor terbanyak napi yang bebas dari lapas Fakfak,” ucap Heru. “Satu diantara yang bebas adalah napi wanita,” lanjutnya.

Dalam upacara yang dilangsungkan di halaman dalam Lapas Fakfak tersebut, Bupati Fakfak, Dr. Mohammad Uswanas yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, menyerahkan surat keputusan pemberian remisi kepada perwakilan napi yang langsung bebas.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, Lapas Fakfak yang berkapasitas huni 120 orang, saat ini dihuni oleh 126 orang, baik itu narapidana maupun tahanan.  Terdapat 6 wanita dan 120 pria. Meski melebihi kapastias, namun Heru memastikan bahwa hal tersebut masih dalam batas toleransi.

“Lapas Fakfak ditunjuk sebagai Lapas industri, sehingga kami memiliki banyak kegiatan produktif. Kami memiliki 20 jenis kegiatan industri, 6 kegiatan ada di luar Lapas dan 14 kegiatan di dalam Lapas. Termasuk, ada kegiatan pondok perikanan di Kampung Siboru dan Werpigan,” jelas Heru.

Dari kegiatan yang tentu menghasilkan profit atau keuntungan tersebut, profitnya dibagi menjadi tiga bagian. 1/3 keuntungan menjadi bangian napi yang bekerja, 1/3 bagian milik koperasi dan 1/3 bagian sebagai biaya opersional.

“Dengan pembagian tersebut, tentu berdampak positif, untuk menjauhi pungli. Saya menegaskan bahwa, pelayanan di Lapas Fakfak adalah 0 rupiah,” pungkasnya.

Nampaknya, wacana pemindahan Lapas Fakfak ke area yang lebih representatif, masih belum menunjukkan tanda-tanda akan terealisasi. Padahal, Lapas Fakfak membutuhkan area baru yang lebih luas, agar pembinaan dapat berlangsung dengan baik. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

AKP. Misbachul Munir, S.IK., Kasat Reskrim Polres Fakfak

Kasus Makar Tunggu Hasil Gelar Perkara Polisi Dan Jaksa

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Penyidik Polres Fakfak, Papua Barat, hingga Selasa (10/9) kemarin, masih mengamankan 3 orang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>