Home / Headline / 20 Warga Binaan LP Fakfak, Ikut Bersih Bersih Sampah “Beach Clean Up” Massal

20 Warga Binaan LP Fakfak, Ikut Bersih Bersih Sampah “Beach Clean Up” Massal

Bersih-bersih sampah "Beach Clean Up " di are reklamasi dan Tbumburuni, Fakfak, Papua Barat.
Bersih-bersih sampah “Beach Clean Up ” di area reklamasi dan Tbumburuni, Fakfak, Papua Barat. (dok. Kodim 1803/Fakfak)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Ratusan orang berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sampah di area reklamasi dan Thumburuni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Sabtu (03/8) pagi. Menariknya, diantara ratusan peserta yang terdiri atas anggota TNI, Polri, jajaran Pemda, mahasiswa, komunitas, ormas dan pegiat lingkungan ini, ada 20 warga binaan dan 16 petugas LP Fakfak, yang juga turut serta dalam kegiatan bertajuk Beach Clean Up yang digagas  oleh Kitong Bisa Learning Centre (KBLC) Fakfak ini.

Sejak pukul 06.00 WIT, ratusan orang dengan semangat, membersihkan dan mengumpulkan sampah-sampah, baik di darat maupun sampah-sampah yang mengambang dan tenggelam di pantai kawasan wisata Satu Tungku Tiga Batu, meski  cuaca berselimut mendung dan rintik gerimis.

iklan-JNE-Fakfak

Menurut Deisya Al Hamid, Chief Operating Officer (COO) dari Pusat Belajar Kitong Bisa di Fakfak, tujuan kegiatan tersebut ialah secara langsung untuk membersihkan lingkungan kawasan landmark Fakfak yakni area Reklamasi.

“Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah di laut, karena akan menganggu ekosistem Alam. Juga mengedukasi pengurangan penggunaan single use plastic atau plastik sekali pakai, serta mendorong pengesahan Perda sampah di Kabupaten Fakfak, serta peraturan teknis untuk penerapannya,” jelas Deisya.

Dosen Politeknik Negeri Fakfak ini mengaku prihatin dengan kondisi sampah di Fakfak.

“Kondisi sampah di Kabupaten Fakfak semakin memprihatinkan, sampah plastik berserakan dimana-mana, kesadaran membuang sampah pada tempatnya masih rendah, masyarakat juga belum peduli pada pentingnya menjaga kebersihan laut,” tambahnya.

Pemesanan hubungi 082238955909
Pemesanan hubungi 082238955909

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakat Fakfak, H. Heru menyampaikan bahwa, 20 warga binaan LP Fakfak yang diikutsertakan dalam kegiatan ini merupakan narapidana yang mendapatkan hak asimilasi.

“Bukan kali ini saja kami mengikutkan warga binaan dalam kegiatan sosial. Bahkan kami juga turut membantu pembangunan rumah ibadah,” ujar Heru. Kunjungi juga :

Dalam kegiatan ini, nampak hadir Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md; Wakapolres Fakfak, Kompol. Ilhamsyah; pejabat Sekda Fakfak, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P., serta pejabat jajaran Pemkab Fakfak.

4

3

Kegiatan bersih-bersih sampah ini memang sangat positif. Namun yang lebih penting adalah, menjaga agar lingkungan terbebas dari sampah.

Sebelumnya, kegiatan-kegiatan massal yang dipusatkan di area reklamasi atau Jalan Baru ini, justru kerap meninggalkan sampah berserakan dimana-mana. Panitia sering mengabaikan masalah serius yang satu ini. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Pembukaan Bimtek Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi

Bimtek SMKK Untuk Menjamin Keselamatan Kerja

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Akan dilangsungkan selama tiga hari, Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura, menggelar Bimbingan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>