Home / Headline / Safi Yarkuran, “Pak Donatus bukan saingan saya.”

Safi Yarkuran, “Pak Donatus bukan saingan saya.”

Safi Yarkuran, S.Sos.
Safi Yarkuran, S.Sos. (dok: Safi)

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Nama Safi Yarkuran dalam satu pekan ini mendadak ramai dibicarakan di dunia maya. Berita tentang kesiapannya mencalonkan diri sebagai Bupati Fakfak tahun depan, beberapa kali menghiasi layar monitor. Sebenarnya, seberapa siapkah Safi?

Kepada infofakfak.com, melalui telepon Safi menyampaikan bahwa, tekadnya sudah bulat untuk maju sebagai calon Bupati Fakfak dalam Pilkada tahun 2020 mendatang. Meski begitu, Safi mengakui bahwa dirinya masih sebatas lempar bola panas dan masih akan melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai politik. Padahal sebelumnya, di salah satu media, Safi mengklaim didukung PKB dan Gerindra. Belakangan, petinggi dua parpol tersebut mengaku belum sampai pada tahapan mendukung seseorang sebagai jagonya.

“Saya lempar bola panas dulu, sambil melihat reaksi parpol dan masyarakat. Setelah itu, saya akan melakukan komunikaksi politik terhadap partai-partai. Namun saya tegaskan bahwa saya siap maju sebagai calon Bupati Fakfak,” ujar Safi, kemarin.

Disinggung bahwa di PKB, dimana Safi bernaung juga ada kader, yakni Donatus Nimbitkendik yang nampaknya juga akan maju menjadi calon bupati, Safi tidak mempermasalahkan.

“Silakan saja maju. Bagi saya, Pak Donatus bukan saingan saya. Kami berdua adalah kader partai. Nanti kita lihat perkembangan dinamika partai,” lanjut Safi.

Safi tidak mengkuatirkan “raport merahnya” yang gagal menjadi anggota legislatif di DPRD Kabupaten Fakfak. Menurutnya, pemilihan anggota legislatif dan pemilihan bupati lain cerita.

“Saya pikir, Pileg dan Pilbup itu berbeda. Saya tidak kuatir terhadap kegagalan di Pileg tersebut. Dalam Pileg, lebih dari seratus orang mencalonkan diri dan hanya 20 yang terpilih. Namun dalam Pilbup, masyarakat hanya memilih satu pasangan dari beberapa pasangan saja,” kata Safi.

Dalam diskusi di salah satu grup whatsapp pagi ini (24/7), langkah Safi bisa saja bakal terganjal secara adat. Pasalnya, Inyabay Atiati, yang dikenal sebagai Raja Muda di Petuanan Atiati, juga berniat maju sebagai calon Bupati Fakfak. Menurutnya, dalam tatanan adat, jika raja maju, maka yang lain harus menghormati hal tersebut.

Saat ini, selain sebagai Ketua Barisan Merah Putih Kabupaten Fakfak, Safi juga aktif sebagai ketua Pengkab Perbakin Fakfak. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Dandim 1803/Fakfak dan Kapolres Fakfak

Dandim Akan Bertindak Sesuai UU, Kapolres Minta Masyarakat Jangan Terprovokasi

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Mengantisipasi perkembangan situasi Narasi Ekstrimisme dan Radikalisme di Kabupaten Fakfak, terkait situasi yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>