Home / Headline / Pilkada Masih Tahun Depan, PBB Satu-satunya Parpol Yang Sudah Siapkan Calon Bupati

Pilkada Masih Tahun Depan, PBB Satu-satunya Parpol Yang Sudah Siapkan Calon Bupati

Samaun Dahlan, S.Sos., M.A.P. yang akan dicalonkan sebagai Bupati Fakfak oleh PBB
Samaun Dahlan, S.Sos., M.A.P. Kepala Dinas PUPR, yang akan dicalonkan sebagai Bupati Fakfak oleh PBB

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ Meski perhelatan Pilkada dalam hal ini pemilihan bupati dan wakil bupati Fakfak masih akan dilangsungkan tahun 2020 mendatang, DPC PBB Kabupaten Fakfak sudah menegaskan telah memiliki kandidat bupati, yakni Samaun Dahlan, S.Sos., M.A.P., yang saat ini menjabat Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak.

Dalam penjelasannya kepada media ini, Ketua DPC PBB Kabupaten Fakfak, Abu Thalib Iribaram menyampaikan bahwa, meski belum diputuskan oleh partai, namun keputusan ini dipastikan akan diikuti petinggi PBB di Jakarta.

“Assalamu’alaikum. Memang belum diputuskan, tapi sudah pasti PBB dukung Bang  Samaun Dahlan,  karena sudah 4 periode saya urus partai, apa yang saya mau, pasti diikuti oleh struktur bahkan DPP merujuk kepada yang kita rekomendasikan dari DPC,  karena untuk mencalonkan bupati dan walikota adalah kewenangan DPC,” Jelas Abu Tholib, yang pada periode ini dipastikan kembali memasuki gedung DPRD Kabupaten Fakfak untuk kali keempat.

Bulatnya keputusan tersebut, juga adanya perhitungan bahwa, PBB yakin bisa meraih satu fraksi.

“Insha Allah target satu fraksi,” tambahnya.

Dalam diskusi di beberapa grup whatsapp, PBB satu-satunya partai politik yang terus terang menunjukkan identitas calon bupati yang akan diusungnya. Sedangkan partai lainnya, cenderung tertutup, menunggu angin perubahan.

Dimunculkannya nama Samaun Dahlan oleh PBB, juga memicu perdebatan soal boleh tidaknya mengusung calon bupati diluar Orang Asli Papua atau OAP. Beberapa orang menginginkan agar OAP mendapatkan prioritas untuk dicalonkan sebagai pemimpin negeri Mbaham Matta ini. Sedangkan beberapa orang meminta perlunya data pendukung berupa aturan, yang melarang atau membolehkan non OAP mencalonkan diri sebagai bupati dan wakil bupati Fakfak periode mendatang.

Selain nama Samaun Dahlan, warga kerap memunculkan nama Ali Mbaham Temongmere, Untung Tamsil, serta nama-nama lainnya.

Yang menarik, adanya pendapat bahwa, perhelatan pemilihan legislatif lalu, merupakan “batu ujian” bagi seseorang yang akan maju sebagai calon bupati atau calon wakil bupati. Menurutnya, jika di pemilihan legislatif lalu sudah tidak terpilih, berarti suara pendukung riilnya memang kurang memenuhi syarat. Maka, bisa jadi itu merupakan ukuran kapasitasnya, jika akan maju sebagai kandidat bupati atau wakil bupati. (wah)

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

Ketua KPU Fakfak, Dihuru Dekry Radjaloa menyaksikan wakil Parpol menandatangani BAP

Siapakah Pemilik Kursi Di Kanan Kiri Siti?

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ KPU Fakfak, Papua Barat, Selasa (13/8) pagi, menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>