Home / Headline / Terkait Kasus Narkoba, Kalapas Fakfak Belum Terima Pemberitahuan Dari BNNP Pabar

Terkait Kasus Narkoba, Kalapas Fakfak Belum Terima Pemberitahuan Dari BNNP Pabar

H. Heru, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Fakfak
H. Heru, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Fakfak

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ H. Heru, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Fakfak, mengaku belum menerima info resmi dari BNN Provinsi Papua Barat maupun kepolisian, perihal dugaan adanya warga binaannya yang tersangkut perkara narkoba jenis sabu-sabu yang diungkap oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua Barat, pada 15 Mei lalu.

“Kami belum ada info resmi untuk masalah tersebut, baik dari BNNP maupun dari pihak kepolisian,” tulis Heru via whatsapp, saat dikonformasi media ini (29/5).

Heru menegaskan bahwa, pihaknya tentu akan menyerahkan masalah ini pada proses hukum, bila nantinya informasi tersebut terbukti benar.

“Kalau memang benar, tentu kita serahkan pada proses hukum,” tambahnya.

Selanjutnya Kalapas Fakfak ini menjelaskan bahwa, jumlah tahanan dan narapidana kasus narkoba yang berada dalam pembinaan LP Fakfak berjumlah 11 orang, dari keseluruhan warga binaan sebanyak 127 orang.

Sebelumnya, dikutip dari papuabarat.kabardaerah.com, Kepala BNNP Papua Barat, Brigjen. Pol. Setija Junianta, S.H., M.Hum. saat press conference hari ini (29/5) di Kantor BNNP Papua Barat di Manokwari mengungkapkan bahwa, pihaknya berhasil membongkar jaringan peredaraan narkoba yang diduga menembus dinding Lapas.

Empat warga dari Makassar, Sulawesi Selatan, ditangkap di Sorong, saat baru tiba di Pelabuhan Laut Sorong dan Bandara DEO Sorong. Tersangka H (34) dan S (30) ditangkap pada Rabu (15/5), sekira pukul 12:00 WIT, di Jl. Jend. Soedirman (depan Toko/CV. Tunas Sumber Rejeki), Kota Sorong. Dari tangan S, BNNP menemukan 1 paket narkoba jenis sabu-sabu siap edar, yang dikemas dalam plastik bening.

Setelah pengembangan, petugas BNNP Papua Barat berhasil menemukan 20 paket sabu-sabu siap edar dan alat hisap di rumah H.

Sehari kemudian, Kamis (16/5) pada pukul 16:45 WIT, berlokasi di Jl. Pulau Waigeo, Kota Sorong, petugas BNNP Papua Barat berhasil menangkap seorang laki-laki bernama HM (37). Dari tangan HM, petugas menemukan 29 paket sabu-sabu.

Tersangka HM ini menyimpan puluhan paket Sabu itu di dalam kemasan bekas shampoo dan disembunyikan di dalam tanah di halaman rumahnya di Kampung Baru, Kota Sorong.

Selanjutnya, pada Selasa (21/5) pada pukul 11:00 WIT, tak jauh dari Pelabuhan Laut Sorong, Kota Sorong, petugas BNNP Papua Barat, meringkus NH (33), dengan barang bukti 1 paket sabu-sabu seberat 25 gram. Sabu-sabu dalam kemasan plastik bening ini disembunyikan dalam ban dalam motor, dan disusun rapi di dalam kardus bersama kemasan ban dalam lainnya.

Keempat Tersangka saat ini meringkuk dalam Sel BNNP Papua Barat di Manokwari.
Penangkapan keempat tersangka, sekaligus membongkar jaringan narkoba yang merasuk ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), khususnya Lapas Fakfak dan Lapas Sorong. Para tersangka, diidentifikasi sebagai kurir, sekaligus pengedar atau penjual, sedangkan narapidana di dalam Lapas diduga sebagai simpul jaringan narkoba antar daerah ini.

“Yang pertama, tersangka S dan H, larinya ke Lapas Sorong, dan NH tadi larinya ke Lapas Fakfak,” jelas Brigjen. Pol. Setija Junianta, SH., M.Hum.

Diduga kuat, narkoba milik tersangka S dan H, diorder oleh narapidana di dalam Lapas Sorong, sedangkan NH yang membawa narkoba dengan Kapal Pelni, bermaksud mengirim sabu-sabu dalam ban dalam motor itu ke Fakfak, atas order narapidana di sana. (wah)

 

About Admin

Santun Mencerdaskan

Check Also

La Soni dan Jijin menunjukkan laporan polisi

Diduga Lecehkan Terdakwa, Kasi Pidum Kejari Fakfak Dipolisikan

INFOFAKFAK.COM, FAKFAK_ PW, Kepala Seksi Pidana Umum atau Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Fakfak, Papua Barat, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>